alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pegawainya Banyak yang Pensiun, Pemkab Lumajang Usul 256 Formasi CPNS 2021

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 22 Januari 2021 | 14:09 WIB

Pegawainya Banyak yang Pensiun, Pemkab Lumajang Usul 256 Formasi CPNS 2021
ilustrasi CPNS Pemkab Lumajang. [ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko]

Pemkab Lumajang juga mengusulkan 500 orang pegawai di bidang pendidikan.

SuaraMalang.id - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Lumajang mengusulkan 256 fomasi calon pegawai negeri sipili (CPNS) tahun 2021. lantaran pegawainya kini mulai banyak memasuki masa pensiun alias purna tugas.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat mengatakan, ratusan formasi CPNS itu terdiri dari tiga bidang prioritas dan sesuai kebutuhan. 

"Sesuai petunjuk pemerintah pusat diprioritaskan untuk tiga bidang yakni bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur," katanya, dikutip dari ANTARA, Jumat (22/1/2021).

Ia melanjutkan, untuk kebutuhan bidang pendidikan, sementara akan dicukupi dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Maka pihaknya mengusulkan bidang infrastruktur dan kesehatan yang jumlahnya 256 formasi dan belum ada revisi karena tahapannya masih pengusulan.

Baca Juga: Pemkab Lumajang Dirikan Pos Pantau Erupsi Gunung Semeru di Curah Kobokan

"Untuk bidang pendidikan akan diusulkan melalui perekrutan PPPK dengan jumlah sebanyak 500 orang," sambung dia.

Pengusulan formasi CPNS maupun PPPK, lanjut dia,  sangat mendesak, lantara jumlah PNS yang pensiun, meninggal maupun mutasi juga cukup banyak, ada hampir sekitar 400 lebih setiap tahunnya.

"Kebutuhan PNS dengan tenaga pensiun tidak seimbang karena kami minus terus setiap tahun, sekitar 400 lebih yang pensiun, meninggal dan mutasi. Kami mendapat formasi CPNS sedikit seperti tahun sebelumnya sebanyak 176 formasi," urainya.

Pemkab Lumajang masih menunggu petunjuk teknis resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), terkait mekanisme pelaksanaan CPNS tahun 2021.

"Untuk saat ini petunjuknya masih belum ada. Di sejumlah media sosial informasinya sudah berkembang macam-macam, namun kami tetap menunggu petunjuk formal baik dari Kemenpan RB maupun BKN," tutupnya.

Baca Juga: Beringin Tua di Lumajang Terbelah Tiga, Warganet: Negara Api Mau Menyerang!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait