facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sapi Terpapar PMK di Rumah Potong Hewan Kota Malang Bertambah

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 23 Mei 2022 | 22:32 WIB

Sapi Terpapar PMK di Rumah Potong Hewan Kota Malang Bertambah
Ilustrasi sapi- wabah PMK di Kota Malang. [Antara]

Diberitakan sebelumnya, sejumlah tiga sapi positif terinfeksi PMK dan satu diantaranya mati.

SuaraMalang.id - Penularan penyakit kuku dan mulut atau PMK di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang bertambah. Semula tiga sapi terpapar PMK, kini bertambah tujuh kasus baru.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah tiga sapi positif terinfeksi PMK dan satu diantaranya mati.

Berdasar laporan Dispangtan Pemerintah Kota Malang, penyebaran PMK telah bertambah. Sejumlah tujuh sapi dilaporkan terjangkit PMK.

"Iya (7 Sapi positif PMK), karena sudah tertular. Semuanya di RPH. Jadi total 10 (sapi terjangkit PMK)," ujar Kabid Peternakan Dispangtan Kota Malang, Anton Pramudjiono mengutip dari Timesindonesia.co.id, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Kasus Wabah PMK di Sumbar Kian Bertambah, Kambing Juga Terjangkit

Diketahui, pertambahan tersebut telah terjadi sejak pemeriksaan di tanggal 13 Mei 2022 lalu. Seluruhnya, kata Anton, sampel telah dikirim ke Surabaya untuk dilakukan penelitian.

"Sudah dipastikan terkena penularan dengan sebelumnya. Jadi gak perlu kita ambil hasil sampelnya, tapi tetap kita kirim," ungkapnya.

Anton mengaku bahwa ketujuh sapi yang terjangkit wabah PMK tersebut seluruhnya langsung dilakukan pemotongan agar tak menyebar ke yang lainnya.

Kini, di RPH sendiri setidaknya masih ada 13 sapi siap potong. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan RPH untuk melakukan pencegahan dengan penyemprotan desinfektan secara menyeluruh dan rutin.

"Kita lakukan pengawasan, kemudian dari RPH kita anjurkan melaksanakan desinfektan, kemudian kemarin memberitahu jagal agar tidak mendatangkan sapi dari daerah luar Kota Malang. Untuk kendaraan dan orang yang keluar masuk RPH kita minta melaksanakan desinfektan," bebernya.

Baca Juga: Ditemukan 2 Sapi Suspek PMK di Magelang, Seluruh Pasar Hewan Ditutup

Dijelaskan Anton, seluruh sapi yang telah dipotong akibat terjangkit wabah PMK tetap diedarkan. Ia secara tegas memastikan kepada masyarakat bahwa sejumlah hewan yang terjangkit PMK masih aman dikonsumsi oleh manusia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait