alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mobil Jeep Mini Rp 50 Jutaan Ini Buatan Santri Lho, Ada Jenis Rubicon dan Land Cruiser

Muhammad Taufiq Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:41 WIB

Mobil Jeep Mini Rp 50 Jutaan Ini Buatan Santri Lho, Ada Jenis Rubicon dan Land Cruiser
Mobil jeep mini buatan santri di Jember [Foto: Suarajatimpost]

Santri Ponpes Roudatul Ulum Kabupaten Jember Jawa Timur membuat mobil jeep mini dengan perbandingan ukuran dengan jeep aslinya 1:50.

SuaraMalang.id - Santri Ponpes Roudatul Ulum Kabupaten Jember Jawa Timur membuat mobil jeep mini dengan perbandingan ukuran dengan jeep aslinya 1:50.

Para santri ini membuat jeep dan dibanderol dengan harga Rp 50 juta. Ada empat jenis mobil jeep, yakni hardtop, Rubicon, Willys, dan Land Cruiser.

Semua jenis mobil mini itu dibuat oleh santri Ponpes yang ada di Desa Sumberwringin, Kecamatan Sukowono, tersebut.

Pengasuh Pondok Gus Nadhif Muhammad Mishbah mengatakan, untuk membuat satu jenis mobil mini itu membutuhkan waktu kurang lebih selama tiga bulan.

Meskipun begitu, pondok pesantren tersebut tidak bekerja sendiri, melainkan berkolaborasi dengan santri dari Ponpes Sahlul Manal Lingkungan Jambuan Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari.

Baca Juga: Beredar Spanduk Penolakan Kades Pencandu Narkoba di Jember

"Untuk biaya tersebut. Paling mahal adalah untuk mendapatkan mesin mobil bekas Suzuki Carry. Karena kita masih belum bisa membuat sendiri mesin untuk mobil Jeep Mini ini," kata Gus Nadhif, seperti dikutip dari suarajatimpost.com, jejaring media suara.com, Minggu (17/10/2021).

"Kemudian bahan lainnya dijual, ataupun bagian-bagiannya kita pakai untuk membuat kerangka, sasis mobil Jip mini ini," katanya menambahkan.

Menurut Gus Nadhif, sebagai salah satu Ponpes Salaf di Jember, santrinya tidak hanya diajarkan membaca kitab kuning saja.

"Tetapi pesantren salaf itu juga bisa asal berkarya dan mempunyai kemampuan. Salah satunya menciptakan mobil mini jeep ini," ujarnya.

Dalam pembuatan satu mobil mini jeep itu, lanjut Gus Nadif, menbutuhkan peran serta 7 orang santri. Yang biasanya dilakukan saat tidak ada kegiatan belajar atau mengaji di Pondok.

Baca Juga: DPRD Jember Desak Penetapan Raperda APBD 2022 Tidak Molor

"Biasanya hari Jumat, Sabtu, atau Minggu. Pokok ada senggang waktu. Persiapan awal mesin mobil Suzuki Carry 1000 cc biasanya produksi tahun 80-an," ujarnya menambahkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait