alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Kronologis Pembubaran Kongres PSSI Malang

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 14 Januari 2021 | 21:42 WIB

Ini Kronologis Pembubaran Kongres PSSI Malang
Logo PSSI (Adie Prasetyo Nugraha/Suara.com).

Kongres Askab PSSI Malang pun ditunda karena melanggar ketentuan penerapan PPKM Jawa-Bali.

SuaraMalang.id - Kongres Askab PSSI Malang dibubarkan Satgas Covid-19 karena tak mengantongi izin resmi, Kamis (14/1/2021). Terlebih kongres dilakukan dengan mengundang kerumunan saat penerapaan PPKM Jawa-Bali, dimulai sejak 11 Januari lalu.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang Atsalis mengungkap kronologis pembubaran tersebut. Menurutnya, pembubaran dilakukan Satpol PP dan dikawal kepolisian itu lantaran tak memiliki izin pelaksanaan.

"Teman - teman Panitia tampaknya tidak mengantongi izin dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dari Pemerintah Kota Malang karena secara hukum, gedung yang dipergunakan masuk wilayah Kota Malang," jelas Atsalis dikutip dari Suarajatimpost.com --media jejaring Suara.com, Kamis (14/1/2021). 


Ia melanjutkan, pada momentum kongres itu panitia juga mengundang Bupati Malang Sanusi, Kadispora (dirinya) dan Ketua KONI Kabupaten Malang.

Baca Juga: Gelar Kerumunan saat PPKM, Satgas Covid Bubarkan Kongres ASKAB PSSI Malang

"Saya dan Ketua KONI sudah hadir di Gedung Anusapati, kebetulan Bapak Bupati (Sanusi) berhalangan hadir karena ada  acara yang bersamaan waktunya dengan acara kongres," ujarnya. 


Atsalis menambahkan, detik-detik pembubaran kongres itu saat beberapa anggota kepolisian dan Satpol PP mendatangi ruang kongres. Pihaknya pun menyadari tentang aturan penerapan PPKM.


"Pihak Kepolisian saat di tempat acara menanyakan apakah sudah mengantongi izin atau tidak, dan kita harus tahu surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Peraturan Bupati terkait pelaksanaan PPKM," katanya. 


Terlebih, lanjut dia, undangan yang hadir mencapai 60 orang, jumlah tersebut belum termasuk jumlah para calon (ketua PSSI) dan panitia. Pihak Satpol PP pun yang mewakili satgas Covid-19 Kabupaten Malang meminta panitia pelaksana menunda pelaksanaan Kongres Askab PSSI mengingat masih suasana PPKM. 


"Akhirnya pihak Satpol PP Kabupaten Malang yang juga Satgas Covid-19 meminta kepada panitia untuk menunda acara tersebut dengan merujuk Intruksi Menteri Dalam Negeri terkait pelaksanaan PPKM," tutupnya. 

Baca Juga: Ini Penyebab Tingginya Angka Kematian Pasien Covid-19 di Kota Malang


Seperti diberitakan sebelumnya, Kongres Askab PSSI Malang yang rencananya dihelat pada Kamis (14/1/2021) terpaksa dibubarkan. Pembubaran ini dilakukan sesaat sebelum kongres dimulai karena disinyalir melanggar aturan PPKM dan tidak menerapkan protokol kesehatan. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait