alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Terobos Tempat Wisata di Masa PPKM, Pemkot Malang Jelaskan Alasan Garis Finish Gowes

Chandra Iswinarno Senin, 20 September 2021 | 15:44 WIB

Viral Terobos Tempat Wisata di Masa PPKM, Pemkot Malang Jelaskan Alasan Garis Finish Gowes
Rombongan Gowes Wali Kota Malang [Foto: Beritajatim]

Sekda Kota Malang Erik Setyo Santoso memohon maaf atas kegaduhan yang terjadi akibat viralnya rombongan gowes Pemkot Malang ke Pantai Kondang Merak Kabupaten Malang.

SuaraMalang.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso memohon maaf atas kegaduhan yang terjadi akibat viralnya rombongan gowes Pemkot Malang ke Pantai Kondang Merak Kabupaten Malang, Senin (20/9/2021).

Untuk diketahui, viralnya rombongan gowes Pemkot Malang itu setelah tersebar di grup Whatsapp. Dalam video tersebut, terlihat Sekda Erik Setyo Santoso sempat ditegur polisi di pintu masuk Pantai Kondang Merak.

Bahkan juga terdapat sejumlah mobil berplat merah yang digunakan  untuk mendampingi gowes rombongan tersebut.

"Dalam konteks ini kami benar-benar memohon maaf sedalam-sedalamnya. Kemudian kami akan ikuti alur proses baik dari Polres dan Polsek," tuturnya.

Baca Juga: Unik, Pagar Rumah Berbentuk Kolam Ikan Koi di Malang

Permintaan maaf itu ditujukan pada Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopicam) Bantur dimana letak pantai Kondang Merak berada. Kata Erik, terjadi miskomunikasi antara bawahannya dan juga Forkopicam Bantur.

"Kami sudah izin tetapi tidak ada sinyal di sana makannya terjadi kejadian sepotong video yang menjadi perdebatan," ujarnya.

Untuk izinnya sendiri, Erik tidak menjelaskan secara gamblang kepada siapa. Dia hanya tahu bahwa setiap rute yang dilewati rombongan Gowes Pemkot Malang itu sudah diurus perizinannya oleh Bagian Umum Pemkot Malang.

"Itu ke Bagian Umum kami. Jadi ada dilematis di sini. Rombongan pertama kami sudah masuk di sana. Dan rombongan kedua itu belum makannya kami minta izin dulu dan terjadi perdebatan," kata dia.

Erik pun menuturkan, rombongannya memang sempat masuk ke Pantai Kondang Merak. Tujuannya hanya untuk mengeluarkan barang bawaan rombongan dan istirahat sejenak.

Baca Juga: Viral Video Rombongan Gowes ke Pantai Kondang Merak, Pemkot Malang: Cuma Istirahat..

"Karena memang kan yang pertama sudah masuk jadi kami masuk cuma sebentar sekitar 60 menit untuk loading," imbuhnya.

Dikatakannya, tujuan gowes itu memang mempunyai target titik akhir di sekitar Pantai Kondang Merak. Pertama alasannya karena jarak dari titik awal, yakni Kota Malang ke sana cukup jauh.

"Dan yang kedua karena di sana medannya cukup menantang. Yang pada akhirnya butuh loading sepeda kembali ke Kota Malang. Ini lah yang membuat transitnya di sana dan sebenarnya tidak harus di pantai finish-nya," tutur dia.

Sementara itu, dalam rombongan tersebut peserta gowes memang didampingi oleh mobil dengan plat berwarna merah atau mobil dinas.

Hal ini tidak dipermasalahkan oleh Erik karena memang tidak ada aturannya mobil dinas boleh digunakan di luar perjalanan dinas.

"Dan gowes itu acara pak Wali dan komunitas-komunitas yang memang terbiasa gowes bersama. Yang kedua memang dengan ini ada beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang mempunyai komunitas gowes. Makannya ada mobil itu (berpelat merah). Dan itu tidak masalah," tutup dia.

Kontributor : Bob Bimantara Leander

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait