alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Salut! Warga Gadang Malang Dirikan Dapur Umum Mandiri Buat Warga Isoman

Muhammad Taufiq Jum'at, 23 Juli 2021 | 14:30 WIB

Salut! Warga Gadang Malang Dirikan Dapur Umum Mandiri Buat Warga Isoman
Warga Gadang Malang bikin dapur umum mandiri [SuaraMalang/Bob Bimantara]

Warga RW 03 Kelurahan Gadang Kecamatan Sukun Kota Malang ini perlu diacungi jempol.

SuaraMalang.id - Warga RW 03 Kelurahan Gadang Kecamatan Sukun Kota Malang ini perlu diacungi jempol. Sejumlah warga tidak menunggu bantuan dari Pemerintah Kota Malang untuk membantu warga sekitar yang isolasi mandiri.

Sejak tanggal 16 Juli 2021 kemarin, warga RW 03 sudah mendirikan dapur umum. Dapur tersebut adalah untuk memasakkan seluruh kebutuhan makanan sehari-hari pasien Covid-19 isolasi mandiri di rumah yang ada di RW 03 Kelurahan Gadang.

Terlihat, sejumlah ibu-ibu sibuk memasak sejumlah menu makanan. Mulai dari bagian mengiris bawang hingga menggoreng telor semua dilakukan di dapur umum itu.

Ketua RW 03, Effendy menjelaskan, asal muasal adanya dapur umum ini dikarenakan beberapa warga RW 03 yang meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri.

Baca Juga: Mahasiswa UB Malang Bikin "Body Lotion" dari Daun Kelor, Manfaatnya Bisa Cegah Covid-19

Warga pun mengusulkan kepada Effendy agar didirikan dapur umum untuk meringankan beban warga yang isoman.

"Dan keluarga yang ditinggal (meninggal dunia oleh pasien Covid-19) itu kami melihat, meskipun sudah swab PCR atau antigen negatif, tapi kan harus tetap isoman. Jadi kami merasa kasian kan gak bisa keluar atau kerja kalau isoman," kata dia.

Pada awal bukanya dapur umum itu, Effendy mengaku tidak ada modal. Seluruh warga kompak membagikan bahan makanan mulai dari daging ayam atau hanya sekadar bumbu atau bawang merah.

"Gak ada modal. Semua kami terima gak melulu bantuan uang nominal. Sayur tempe itu pun kami terima. Bumbu aja kami terima," kata dia.

Gerakan dari Effendy itu pun menarik simpati dari komunitas-komunitas yang ada di Kelurahan Gadang. Bantuan sembako pun berdatangan ke dapur umum itu.

Baca Juga: Terancam Tutup Selama PPKM Darurat, Warung Geprek Ini Malah Bantu Makan Warga Isoman

"Akhirnya kami melakukan masak-masak ini dan kami bagikan ke seluruh warga Kelurahan Gadang," kata dia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait