Tak Hanya Soal di Ranjang, Kedekatan Emosional Bisa Mempengaruhi Keharmonisan Rumah Tangga

Bahwa pasangan suami istri bukan hanya membutuhkan kedekatan dan keintiman secara fisik untuk membina keharmonisan rumah tangga

Budi Arista Romadhoni
Minggu, 11 Desember 2022 | 13:09 WIB
Tak Hanya Soal di Ranjang, Kedekatan Emosional Bisa Mempengaruhi Keharmonisan Rumah Tangga
Ilustrasi suami istri langgeng. Bahwa pasangan suami istri bukan hanya membutuhkan kedekatan dan keintiman secara fisik untuk membina keharmonisan rumah tangga. (pexels.com/Caleb Oquendo).

SuaraMalang.id - Hubungan suami dan istri perlu terjalin dengan emosional untuk menjaganya. Apalagi jika bicara keharmonisan rumah tangga

Psikolog Irma Gustiana A S.Psi, M.Psi, Psikolog, CPC, mengatakan bahwa pasangan suami istri bukan hanya membutuhkan kedekatan dan keintiman secara fisik untuk membina keharmonisan rumah tangga, namun kedekatan emosional juga harus dijaga.

"Bukan hanya kedekatan dan keintiman secara fisik, namun kedekatan secara emosional antara suami dan istri harus dijaga, dirawat dan dipelihara," kata Irma dikutip dari ANTARA pada Minggu (11/12/2022).

Dia menambahkan bahwa menghabiskan waktu berkualitas, quality time, bersama pasangan juga perlu dilakukan.

Baca Juga:Inilah 5 Hal yang Bikin Rawan 5 Tahun Awal Pernikahan

"Misalnya merayakan hari spesial dengan memasak bersama di dapur rumah. Suami yang dengan senang hati membantu pekerjaan istri di rumah dapat meningkatkan kehidupan yang harmonis," kata Irma.

Irma juga mebambahkan bahwa tidak hanya menyehatkan bagi suami dan istri, harmonisasi dalam keluarga juga berdampak bagi anak-anak yang menjadi bagian pernikahan. Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi antar suami istri, termasuk dalam hal berbagi peran dalam pekerjaan rumah tangga, memasak misalnya.

Beberapa tips yang dapat dilakukan suami istri untuk menjaga kekompakan dan meningkatkan keharmonisan keluarga menurut Irma di antaranya adalah dengan membuat rencana kegiatan sederhana yang bisa dilakukan bersama-sama dengan waktu yang berkualitas, misalnya belanja kebutuhan rumah tangga termasuk keperluan memasak di dapur, membuat jadwal menu makanan bagi keluarga, atau mencari resep masakan baru di media sosial, dan masih banyak lagi.

Irma menyarankan agar melibatkan seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak untuk memasak bersama di dapur karena kegiatan memasak bisa membuat hubungan antara keluarga menjadi lebih dekat dan semakin hangat. Memasak bersama bisa menjadi agenda rutin bersama keluarga di akhir pekan.

Selain itu, bisa pula melakukan kegiatan memasak sebagai agenda penting dalam kebersamaan dengan pasangan. Karena ada banyak hal yang bisa dikomunikasikan dalam proses kegiatan memasak bersama.

Baca Juga:Politisi Gerindra: Turis Asing Pasangan Diluar Nikah Boleh Tidur Sekamar, Asal Tidak Ada Aduan

Selain kerja sama dan kolaborasi dalam menyajikan hidangan yang lezat dan bergizi untuk keluarga, biarkan anak-anak melihat harmonisasi yang terjalin dalam kegiatan memasak bersama, karena akan menjadi contoh nyata yang bisa ditiru anak-anak dan semua anggota keluarga lain.

Pentingnya kolaborasi pasangan di rumah mendorong Kecap ABC konsisten melaksanakan kampanye #SuamiIstriMasak sejak 2018. Kampanye ini bermula dari ajakan untuk istri mendukung suami memasak, pada tahun 2020 kampanye ini berlanjut ke ajakan untuk anak-anak melakukan hal serupa melalui platform edukasi.

Kampanye ini mengajak para suami agar mau membantu istri melalui hal-hal sederhana yang dapat dilakukan di dapur.

"Melalui kampanye #SuamiIstriMasak, kami ingin mengajak dan menyampaikan pesan kepada para suami dan istri bahwa waktu berkualitas dalam menjalin ikatan dengan keluarga dapat diciptakan kapan saja dan di mana saja, termasuk di dapur rumah," kata Marketing and R&D Director Indonesia/PNG The Kraft Heinz, Susanne Migchels.

Contoh pasangan suami istri yang selalu kompak dan berkolaborasi perihal pekerjaan domestik rumah tangga ditunjukkan oleh pasangan selebritis Christian Sugiono dan Titi Kamal. Tian, sapaan akrab Christian Sugiono, tidak sungkan untuk membantu Titi menyelesaikan pekerjaan di dapur.

"Saya suka melihat Titi sibuk di dapur dan terkadang terlihat lelah. Jadi saya suka ikut membantu Titi di dapur misalnya pada saat menyiapkan makanan untuk keluarga pada waktu weekend," kata Tian.

Titi turut menambahkan, "Kalau saya lagi masak, Tian sering sekali membantu. Saya sama sekali tidak merasa terganggu tiap Tian ikut nimbrung di dapur, justru terbantu dengan hal-hal kecil yang dilakuin Tian selama saya masak. Tian juga ikut terlibat proses memasaknya."

Lifestyle

Terkini

Dalam beberapa hari belakangan ini merebak kabar penculikan anak di Kabupaten Malang Jawa Timur ( Jatim ). Kabar ini beredar luas di media sosial.

News | 09:23 WIB

Polisi akan menangkap pelaku perusakan dan kekerasan di markas milik klub berjuluk Singo Edan tersebut.

News | 19:07 WIB

Polisi juga melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) usai kericuhan.

News | 16:54 WIB

Massa semula hanya menempelkan poster ke kaca Arema FC official store

News | 14:59 WIB

Diduga ular sanca kembang itu berkembang biak dan memiliki sarang di rerimbunan pohon bambu belakang kandang ternak ayam.

News | 14:50 WIB

"Konten eksploitasi lansia yang menjadi fenomena baru 'ngemis' secara daring ini membuat resah masyarakat."

News | 11:42 WIB

Sepasang muda-mudi tertangkap kamera tengah melakukan hal tak senonoh di tempat umum. Mereka terlihat bermesraan di bangku pedestrian Jalan Ijen, Kota Malang.

News | 13:35 WIB

Beredar video yang memperlihatkan detik-detik kereta api Sancaka menabrak truk pengangkut mobil baru.

News | 08:23 WIB

Aksi pencurian burung di perumahan Griyatama, Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terekam CCTV. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (24/1/2023) sekitar pukul 03.00 dini hari.

News | 12:53 WIB

Lagi-lagi kasus pencabulan. Setelah seorang kiai, guru sekolah, ustadz, kini seorang guru ngaji dilaporkan dugaan kasus pencabulan di Kabupaten Malang Jawa Timur ( Jatim ).

News | 08:18 WIB

Sepeda motor yang ditumpangi korban mogok. Kemudian ibu dan anak tersebut akan menepi, kata Robial.

News | 07:53 WIB

Baru-baru ini beredar sebuah video penyerangan rumah seorang warga di Kabupaten Jember Jawa Timur ( Jatim ). Dalam video itu, satu sosok perempuan menjadi sorotan.

News | 18:37 WIB

"Akibat peristiwa ini, korban mengalami kerugian diperkirakan mencapai Rp60 juta."

News | 11:45 WIB

Menurut Basori, rombongan remaja ini memasuki wisata Pulau Merah melalui jalur tikus.

News | 11:41 WIB

Beredar video yang memperlihatkan sebuah angkot nekat menerobos perlintasan kereta api di Kota Malang, Jawa Timur. Padahal saat itu kereta api akan melintas.

News | 09:30 WIB
Tampilkan lebih banyak