alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puluhan Rumah Warga Probolinggo Porak Poranda Dilibas Angin Kencang yang Berputar-putar

Muhammad Taufiq Sabtu, 15 Januari 2022 | 18:29 WIB

Puluhan Rumah Warga Probolinggo Porak Poranda Dilibas Angin Kencang yang Berputar-putar
Puting beliung terjang permukiman warga Probolinggo [Foto: Beritajatim]

Puluhan rumah warga di empat desa wilayah Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo porak poranda diterjang puting beliung.

SuaraMalang.id - Puluhan rumah warga di empat desa wilayah Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo porak poranda diterjang puting beliung.

Peristiwa ini terjadi pada Jumat (14/01/2022) sore. Atap rumah warga banyak yang jebol. Genting juga beterbangan saat angin berputar-putar kencang menghantam permukiman.

Abu Yazid, Pemilik usaha penggilingan padi mengungkapkan, terjangan angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, yang diawali dengan hujan deras.

Dan diikuti dengan hembusan angin yang cukup kencang dan menyapu semua bangunan yang ada sekitar gedung usaha penggilingan padi miliknya itu.

Baca Juga: Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Suaminya Segera Diadili di PN Tipikor Surabaya

"Anginnya berputar-putar pak, cukup kencang. Langsung bangunan selep padi saya ambruk dan rumah-rumah di sini, genting atapnya berjatuhan," kata Yazid, seperti dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, Sabtu (15/01/2022).

Banyak rumah warga yang rusak parah, dan bangunan tempat usaha milik warga ambruk rata dengan tanah. Upaya pembersihan material bangunan runtuh akibat terjangan angin pun masih terus dilakukan warga bersama aparat desa, TNI/Polri, BPBD dan Tagana, Sabtu (15/1/2022).

Yazid menjelaskan, pada saat kejadian, warga memilih bersembunyi di dalam rumah karena situasi cukup mencekam. Setelah hembusan angin reda, barulah warga berani keluar rumah untuk membersihkan material bangunan yang sudah berceceran.

"Kalo kejadiannya singkat pak, palingan cuman lima belas detik’an," katanya menegaskan.

Yazid menyampaikan, ia pun harus menanggung kerugian, sedikitnya tiga puluh juta rupiah. Itu karena, seluruh bangunan gedung penggilingan padi dan isinya sudah rusak tertimpa reruntuhan bangunan.

Baca Juga: Berkas Perkara Kasus Suap Bupati Probolinggo Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

Sementara itu Camat Besuk Puja Kurniawan, menyebut puting beliung menerjang empat desa diantaranya, Desa Kecik, Desa Jambangan, Desa Kelampokan dan Desa Bago. Dengan jumlah KK terdampak, yakni sekitar 20-an KK, saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait