alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gunung Raung Semburkan Asap, Begini Penjelasannya

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 24 September 2021 | 13:06 WIB

Gunung Raung Semburkan Asap, Begini Penjelasannya
Asap putih Gunung Raung terlihat muncul dari atas kawah. [Foto : PPGA Raung for TIMES Indonesia]

Asap tersebut terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

SuaraMalang.id - Gunung Raung terpantau menyemburkan asap putih, Jum'at (24/9/2021) pagi. Meski demikian, status gunung berketinggian 3.332 Mdpl itu masih level I (Normal)

Asap tersebut terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

"Visual Raung pada 24/9/2021 Pukul 04.56 Wib, teramati asap putih sedang dengan tinggi 50 meter," kata Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea mengutip dair TIMES Indonesia jaringan Suara.com.

Dijelaskannya, asap yang keluar dari Gunung Raung akibat adanya reaksi gas dengan air yang berada di dalam kawah.

Baca Juga: BPBD Banyuwangi: Waspada Potensi Bencana Banjir dan Tanah Longsor Jelang Musim Penghujan

 
"Iya, asap putih reaksi gas dengan air," ungkapnya.

Kondisi tersebut, kata Burhan terjadi sudah beberapa kali sejak penurunan status Gunung Raung dari level II waspada ke level I normal pada Agustus 2021 lalu.

Perubahan status tersebut dikeluarkan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM RI melalui laporan elektronik dengan nomor 268.Lap/GL.03/BGV/2021 tertanggal 9 Agustus 2021.

"Sudah beberapa kali, hanya saja tidak terlihat kalau pas gunung berkabut atau asap tidak mencapai di atas kaldera," terangnya.

Gunung Raung dengan ketinggian 3332 mdpl ini terletak di tiga perbatasan Kabupaten yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Baca Juga: Orang Hilang di Lereng Merapi Bukan yang Pertama, Lurah Glagaharjo: 5 Bulan Lalu juga Ada

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait