alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengenal Lebih Dekat Ustaz Anas Fauzi, Penghulu Viral Asal Malang

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 30 Agustus 2021 | 15:32 WIB

Mengenal Lebih Dekat Ustaz Anas Fauzi, Penghulu Viral Asal Malang
Kepala KUA Lowokwaru Kota Malang, Ustaz Anas Fauzi, belakangan sosoknya jadi perbincangan warganet dan dijuluki penghulu viral. [Suara.com/Bob Bimantara Leander]

Ustaz Anas kerap kali menyisipkan ilmu menikah saat memimpin akad atau ijab kabul pengantin dengan gayanya yang khas.

SuaraMalang.id - Belakangan ini media sosial dipenuhi cuplikan video seorang penghulu. Pesan atau nasihat yang disampaikannya kepada pangantin sukses bikin baper.

Ya, sosok penghulu viral itu adalah Kepala KUA Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Ustaz Anas Fauzi. Beragam momen saat memimpin ijab kabul kini selalu jadi topik perbincangan warganet. Sebab nasihat Ustaz Anas Fauzi ini lugas dan mudah dipahami. Sesekali, nasihatnya dikemas kocak dan mengundang gelak tawa.

SuaraMalang.id berkesempatan bertemu di kantornya beralamat Jl. Candi Panggung No 54, Mojolangu, Senin (30/8/2021). Anas mengaku, video yang viral itu dilakukan saat pra atau pasca ijab kabul.

Penghulu memberi nasihat mengharukan ke pengantin pria - (TikTok/@antzcreator)
Penghulu memberi nasihat mengharukan ke pengantin pria - (TikTok/@antzcreator)


"Jadi itu bukan ketika ijab kabul. Ijab kabul itu harus serius sesuai aturan. Saya yang dipotong-potong di medsos (media sosial) itu ya pas sebelum atau sesudah ijab kabul," kata pria yang sudah menjadi penghulu sejak 12 tahun ini.

Baca Juga: Astaga! Pengantin Pria Tak Hafal Doa Membuat Anak, Pesan Penghulu Ini Bikin Baper

Memang sejak dulu, Anas mengaku, kerap kali menyisipkan ilmu menikah saat memimpin ijab kabul pengantin. Dengan gaya guyonan tersebut, dia berharap, para pengantin saat pulang akad nikah mendapat ilmu terkait pernikahan dalam Islam.

"Nikah itu hal yang menyenangkan. Calon manten ini kebanyakan gak sempat atau kober untuk tahu dengan ilmu nikah. Maka kita berikan dengan cara seperti itu guyonan. Kenapa? Kalau pengajian temenan itu di masjid tapi karena akad ini bukan tempat pengajian, tapi kami masukan materi pengajian jadi ya seperti itu. Mereka memang datang tidak untuk pengajian. Tapi apa keliru jika ada satu atau dua ilmu nikah kita sisipkan? Saya hanya ingin manfaat," kata Pengasuh Ponpes Ar-Rozzaq Slamparejo Jabung Kabupaten Malang itu.

Cara guyonan itu memang tidak membutuhkan waktu panjang. Dia berusaha mempersingkat waktu, namun ilmu yang diutarakannya bisa dimengerti dan diingat oleh para calon pengantin.

"Ya dengan cara seperti itu guyonan. Saya prinsipnya ini bukan waktu pengajian. Harus cepat dan cerdas. Jangan sampai ini menganggu pemikiran manten dan keluarga manten yang setelah akad nikah ada acara lagi. Jangan sampai ada pikiran gara-gara penghulu, acara e kesuen (kelamaan) akibat keseuen (kelamaan)  bicara. Jadi saya singkat. 20 menit sudah sama ceramah dan ijab kabul selesai. Dan tidak satu jam. Semua saya percepat," tutur bapak tiga anak itu.

Alumnus UIN Malang ini menambahkan, cara berceramah singkat di sela-sela akad nikah seorang pengantin pun mendapat respon positif dari masyarakat.

Baca Juga: Begitu Sah, Aksi Pengantin Pria Ini Bikin Istri Teriak Kesakitan di depan Penghulu

Kekinian, lanjut dia, banyak calon pengantin atau keluarganya yang mengontak Anas secara pribadi pasca viral video di media sosial.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait