facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tok! DPRD Jember Setujui Rancangan Awal RPJMD, Namun dengan Catatan

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 14 Agustus 2021 | 06:00 WIB

Tok! DPRD Jember Setujui Rancangan Awal RPJMD, Namun dengan Catatan
Bupati Jember Hendy Siswanto (kiri) dan Ketua DPRD Jember M. Itqon Syauqi menunjukkan penandatanganan nota kesepakatan rancangan awal RPJMD 2021-2026 dalam rapat paripurna di DPRD Jember, Jumat (13/8/2021). [ANTARA/HO-Diskominfo Jember]

Rapat paripurna itu dihadiri secara luring oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, Wakil Bupati Jember M. Balya Firjaun Barlaman.

SuaraMalang.id - DPRD Kabupaten Jember menyepakati rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2021-2026 yang diajukan Bupati Hendy Siswanto. Meski demikian, legislatif memberikan sejumlah catatan penting.

"Kami Panitia Khusus memberikan beberapa poin masukan subtansi dari materi yang ada pada Buku Rancangan Awal RPJMD di antaranya melakukan perbaikan dengan memasukkan data eksisting secara detil dan pengoptimalan pendapatan asli daerah (PAD)," kata Juru bicara Pansus RPJMD Agus Sofyan, mengutip dari Antara, Jumat (13/8/2021).

Agus melanjutkan, rancangan awal RPJMD perlu ada perbaikan dengan menambahkan kejelasan segmentasi sasaran dari program prioritas, kejelasan operasional dalam bentuk inovasi program dalam menjalankan program prioritas, serta kejelasan komitmen keuangan.

DPRD Jember juga meminta pihak eksekutif mencantumkan kejelasan peningkatan besaran komitmen anggaran jika dibandingkan dengan anggaran dari pemerintahan di masa lalu terutama pada beberapa isu strategis dan penting.

Baca Juga: Tak Terima Ditegur, Pemuda Mabuk Hajar Pak RW di Jember

"Misal, anggaran pengembangan SDM andal dalam hal ini gaji pegawai/guru honorer termasuk GTT/PTT, Guru Ngaji, Guru Madrasah dan Tenaga kesehatan," katanya.

Selain itu, anggaran beasiswa bagi masyarakat miskin, huffadz, dan santri/siswa berprestasi. Kemudian terkait anggaran untuk pesantren, anggaran untuk sektor pertanian baik di hulu maupun hilir.

"Anggaran untuk perbaikan insfrastruktur publik yang ramah difabel, anggaran untuk pengembangan pariwisata, ekonomi kreatif dan produk unggulan daerah, serta anggaran untuk mewujudkan perbaikan pelayanan publik, serta anggaran penanganan dampak COVID-19," ujarnya.

Meski ada beberapa catatan, seluruh anggota dewan menyetujui rancangan awal RPJMD Kabupaten Jember 2021-2026 untuk disahkan.

Sementara, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan bahwa RPJMD kali ini mengakomodasi seluruh masukan dan saran yang telah disepakati dalam rapat paripurna. Sebab, menurutnya, seluruh masukan dan saran akan dijadikan pembenahan untuk kemajuan masyarakat Jember.

Baca Juga: Puluhan Pendekar Pagar Nusa Melabrak Rumah Ketua IKSPI Kera Sakti Jember

"Saya berbahagia hubungan legislatif dan eksekutif yang baru berjalan lima bulan ini menunjukkan hubungan harmonis yang tidak bisa dikatakan dengan kata-kata," katanya.(Antara)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait