alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bupati Jember Imbau Warga Tak Takut Tes Swab: Kita Berupaya Menyelamatkan Nyawa

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 12 Agustus 2021 | 17:12 WIB

Bupati Jember Imbau Warga Tak Takut Tes Swab: Kita Berupaya Menyelamatkan Nyawa
Ilustrasi Swab PCR untuk Covid-19. [Istimewa]

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, tidak benar isu tentang 'mengcovidkan' orang dengan melakukan tes swab.

SuaraMalang.id - Warga Kabupaten Jember diimbau tak takut tes swab antigen maupun PCR. Sebab upaya tersebut untuk mencegah risiko paparan Virus Corona atau Covid19.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, tidak benar isu tentang 'mengcovidkan' orang dengan melakukan tes swab.

“Ini tanggungjawab kita bersama untuk menjelaskan bahwa swab ini bukan untuk meng-covid-kan seseorang, tapi justru untuk mengetahui kondisi badan kita. Kalau tidak, justru akan berbahaya. Setelah napas sesak, baru ke puskesmas,” kata Hendy mengutip dari beritajatim.com, Kamis (12/8/2021).

Ia menambahkan, semua pihak harus meyakinkan warga bahwa tracing atau pelacakan dan testing (pengujian) bertujuan untuk penanganan Covid-19 dan dipastikan aman.

Baca Juga: Minat Vaksinasi Anak Tinggi, Unej Jember Siapkan 1.500 Vaksin

“Siapapun yang ngomong swab berbahaya, itu tidak benar, menyesatkan. Kasihan negeri ini. Kita berupaya menyelamatkan nyawa. Ini bukan pekerjaan biasa. Ini panggilan kemanusiaan buat kita semua,” kata Hendy.

Penting juga, lanjut dia, edukasi secara terus menerus kepada warga.

“Kami sekarang sudah melakukan sosialisasi dengan teman-teman alumni Universitas Airlangga, ada dokter dan perawat, ada relawan. Bergabung melakukan edukasi selama isolasi mandiri bagaimana dan setelah isolasi mandiri bagaimana,” katanya.

Selain itu, masih kata Bupati Hendy, dalam rangka terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity, tak kalah penting untuk mengikuti vaksinasi.

“Di seluruh puskesmas ada vaksin. Sekarang posisinya (persentase warga yang divaksin) masih 12 persen dan yang dosis kedua tujuh persen,” katanya. 

Baca Juga: BOR Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jember Melandai

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait