facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Fenomena Alam Puting Beliung di Pantai Banyuwangi

Muhammad Taufiq Rabu, 16 Juni 2021 | 20:44 WIB

Viral Fenomena Alam Puting Beliung di Pantai Banyuwangi
Viral puting beliung di Pantai Banyuwangi Jawa Timur [Foto: Timesindonesia]

Beberapa hari terakhir sebuah video puting beliung di Pantai Banyuwangi viral di media sosial. Pusaran angin ini nampak sempurna pada sore tadi, Rabu (16/06/2021).

SuaraMalang.id - Beberapa hari terakhir sebuah video puting beliung di Pantai Banyuwangi viral di media sosial. Pusaran angin ini nampak sempurna pada sore tadi, Rabu (16/06/2021).

Video puting beliung ini tidak hanya satu. Banyak akun yang membagikan video pendek dari berbagai angle. Warganet pun gaduh mengomentari fenomena alam yang jarang terlihat tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi menyebutkan jika pusaran tersebut adalah fenomena waterspout atau yang dikenal dengan istilah belalai gajah.

Fenomena ini merupakan kolom pusaran air yang tertarik masuk ke dasar awan. Biasanya berlangsung sekitar 10 hingga 20 menit.

Baca Juga: Viral Murid Beri Hadiah Pensiun Guru SMA di Banyuwangi, Endingnya Bikin Terharu

Fenomena ini dikatakan memiliki daya rusak yang sama dengan puting beliung. Penyebabnya adalah awan hitam cumulonimbus yang memiliki kepadatan tinggi. Ditambah lagi tingginya suhu permukaan laut menyebabkan fenomena waterspout ini bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Fenomena ini biasa saja sebenarnya. Ketika ada awan dengan konsentrasi energi yang kuat maka akan tercipta pusaran angin tersebut. Yaitu sebuah kolom pusaran kuat yang menghisap air. Kalau sampai ke daratan bisa menyebabkan kerusakan," kata Dede Agus, Prakirawan BMKG Banyuwangi, dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suara.com.

Di media sosial, komentar warganet pun beragam. Ada salah satu komentar yang menggelitik ditulis akun Facebook Imam Rooney yang mengomentari unggahan akun Rhiny DM.

"Awas menjauh, Vale sedang keluarin ultimate," tulis akun Facebook Imam Rooney.

Vale adalah satu nama karakter dari game Mobile Legend. Vale merupakan gambaran hero atau karakter dengan karakteristik penyihir/mage yang ahli mengendalikan angin. Vale sendiri memiliki 3 skill.

Baca Juga: 25 Warga Banyuwangi Positif Covid-19 Terindentifikasi dari Klaster Hajatan

Setelah dilakukan update, Vale telah bertransformasi menjadi hero sakti yang laris manis menjadi pilihan player Mobile Legend. Pada skill pertama, Vale mampu mengeluarkan garis angin yang akan memberikan damage cukup besar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait