alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Penyebaran Covid-19, Pengunjung Mal di Malang Jalani Tes Swab Acak

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 11 Mei 2021 | 22:24 WIB

Cegah Penyebaran Covid-19, Pengunjung Mal di Malang Jalani Tes Swab Acak
Petugas melakukan tes swab antigen kepada sejumlah pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (11/5/2021). [FOTO ANTARA/Vicki Febrianto]

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, tes swab antigen secara acak dilakukan lantaran adanya peningkatan pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan menjelang Lebaran Idulfitri

SuaraMalang.id - Satgas Covid-19 Kota Malang melakukan tes swab secara acak bagi pengunjung mal atau pusat perbelanjaan, Selasa (11/5/2021). Ada 10 orang pengunjung yang dites Covid-19.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, tes swab antigen secara acak dilakukan lantaran adanya peningkatan pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan menjelang Lebaran Idulfitri 1442 Hijriyah.

"Kami ambil beberapa sampling secara random, untuk menguji apakah orang-orang yang datang ke sini (mal) tidak dalam kondisi terpapar Covid-19," katanya.

Tes swab antigen dilakukan kepada 10 orang, terdiri dua orang pegawai pusat perbelanjaan dan delapan orang lainnya merupakan pengunjung.

Baca Juga: Tempat Wisata di Malang untuk Libur Lebaran: Jatim Park hingga Pujon Kidul

Dua pegawai yang tersebut bertugas sebagai kasir pada pusat perbelanjaan. Tes dilakukan lantaran keduanya pasti sering berinteraksi dengan banyak pengunjung, dan berrisiko terpapar Covid-19.

"Kita lakukan random, ada 10 orang, dua dari manajemen, dan delapan dari pengunjung. Tadi kita lihat hasil tes antigen negatif. Hasil pemantauan kami, 99 persen pengunjung, dan pelayanan sudah menggunakan masker, dan menerapkan prokol kesehatan," katanyai.

Wali Kota Sutiaji meminta masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) sebab pandemi Covid-19 belum berakhir.

Sementara itu, salah seorang pengunjung di pusat perbelanjaan tersebut, Winda Kurniawati mengatakan bahwa ini merupakan pertama kalinya ia menjalani tes usap antigen. Ia diminta oleh petugas untuk mengikuti pemeriksaan secara acak tersebut.

"Tadi diminta oleh petugas, belum pernah swab. Semoga pandemi ini segera berlalu," kata Winda.

Baca Juga: Dua Tahun Gak Bisa Mudik ke Malang, Sal Priadi Tulis Pesan di Papan Reklame

Hingga saat ini, di Kota Malang, tercatat secara keseluruhan ada sebanyak 6.498 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 5.883 orang dilaporkan telah sembuh, 591 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait