facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

170 Penghuni Panti Asuhan di Kota Malang Positif Covid-19 Usai Tes Antigen

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 01 Maret 2021 | 20:33 WIB

170 Penghuni Panti Asuhan di Kota Malang Positif Covid-19 Usai Tes Antigen
Penampakan Panti Asuhan Yayasan Bhakti Luhur di Kota Malang. [Suara.com/Bob Bimantara Leander]

Sejumlah 85 diantaranya merupakan ABK penghuni Panti Asuhan Yayasan Bhakti Luhur Kota Malang.

SuaraMalang.id - Sejumlah 170 penghuni Panti Asuhan Bhakti Luhur di Kota Malang positif Covid-19 usai menjalani tes swab antigen, Senin (1/3/2021). Sebelumnya dilaporkan ada lima orang penghuni panti alami flu diduga gejala Virus Corona tersebut, Kamis (25/2/2021) pekan lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif menjelaskan, telah melakukan pelacakan atau tracing sejak dilaporkan dugaan gejala terpapar Covid-19 di panti yang dikelola Yayasan Bhakti Luhur tersebut, pekan lalu.


"Sudah dilakukan tracing. Dan di tempat ini dihuni 500 orang, terdiri dari anak berkebutuhan khusus (ABK). Dari 500 penghuni itu kami lakukan tes swab ternyata 170 dinyatakan positif (Covid-19) tadi," kata dia, Senin.


Kekinian, lanjut Husnul, sejumlah 170 orang yang dinyatakan positif itu telah dipisahkan ke ruangan khusus, atau ruang isolasi. Ia merinci, 170 positif Covid-19 tes swab antigen itu terdiri, 85 pengasuh dan 85 ABK.

Baca Juga: 1.063 Jenazah Dimakamkan Secara Protokol Covid-19 di Kota Malang


"Jadi 170 itu terdiri dari 85 pengasuh dan 85 anak berkebutuhan khusus kami pisahkan dengan yang lainnya. Kami isolasi dan diharapkan 10 hari ke depan setelah menjalani tes swab antigen sudah berubah hasilnya menjadi negatif," urainya.


Ia menambahkan, untuk lima orang yang sebelumnya mengeluh sakit flu telah dievakuasi ke Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard untuk  menjalani perawatan.


"Lima orang itu terdiri dari pengasuh dan anak berkubutuhan khusus," kata dia.


Terpisah, Relawan Kesehatan Bhakti Luhur, Totok Subroto menjelaskan, pihaknya telah menutup akses kunjungan pihak luar, termasuk keluarga. Ini merespon adanya 170 penghuni panti positif Covid-19 setelah tes swab antigen.


"Selain itu kami juga akan melakukan perawatan ke anak berkebutuhan khusus. Pengasuh pasti sudah hafal bagaimana karakter dari pada anak berkubutuhan khusus. Supaya mereka nyaman meskipun terpisah dari teman atau keluarganya," jelasnya.

Baca Juga: Tes GeNose, Empat Calon Penumpang di Stasiun Malang Positif Covid-19

Kontributor: Bob Bimantara Leander

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait