alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tes GeNose, Empat Calon Penumpang di Stasiun Malang Positif Covid-19

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 01 Maret 2021 | 13:31 WIB

Tes GeNose, Empat Calon Penumpang di Stasiun Malang Positif Covid-19
ilustrasi. Calon penumpang kereta api menjalani tes metode Gajah Mada Electric Nose Covid-19 (GeNose C19). [Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa]

Hasil positif Covid-19 para calon penumpang kereta api di Stasiun Malang itu terdeteksi dari penerapan tes GeNose.

SuaraMalang.id - Sejumlah empat orang calon penumpang kereta api di Stasiun Malang Kota Baru positif Covid-19. Itu terungkap melalui pemeriksaan metode GeNose C19 atau Gajah Mada Electric Nose Covid-19, yang mulai diterapkan, pada Minggu (28/2/2021) lalu.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, calon penumpang yang kedapatan positif Covid-19 tidak boleh naik ke kereta. Tujuan kepergiaan calon penumpang tersebut juga dibatlakan dan dikembalikan uang tiket 100 persen. Total ada 72 orang calon penumpang saat itu yang dites GeNose C19.


"Kami juga akan batalkan berpergiannya dan uang kami kembalikan 100 persen penuh. Selanjutnya nanti kami sarankan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk pengecekan lebih lanjut," kata Luqman, Senin.

Terlepas dari itu, menurutnya, selain prosesnya singkat, biaya tes GeNose cukup murah. Calon penumpang cukup merogoh gocek Rp 20 ribu. Sedangkan tes Antigen, biayanya mencapai Rp 105 ribu.

Baca Juga: Gugun GBS Sekeluarga Positif Covid-19, Mertuanya Sampai Meninggal


"Genose cuma 3 sampai 5 menit saja. Kalau antigen sekitar 20 menit (hasilnya keluar)," sambung dia.


Meski demikian, lanjut Luqman, calon penumpang kereta api diimbau tidak merokok, makan, atau minum yang berasa sebelum tes GeNose.


"Karena ini (Genose) sensitif dengan bau-bauan dan cara kerjanya melalui nafas. Maka 30 menit sebelum tes supaya tidak makan, merokok, kecuali minum air putih," kata dia.

Kontributor: Bob Bimantara Leander

Baca Juga: Positif Covid-19, 3 Calon Penumpang Gagal Berangkat dari Stasiun Purwokerto

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait