Muhammad Taufiq
Situasi pasar di Banyuwangi [Foto: Suaraindonesia]

SuaraMalang.id - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur ( Jatim ) mulai merangkak naik. Kenaikan ini disinyalir terjadi menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Harga-harga bahan pokok yang naik ini antara lain minyak goreng dan cabai. Untuk minyak goreng curah yang sebelumnya berada di kisaran harga Rp 17 ribu per kilogram kini berada di harga Rp 20 ribu.

Sementara untuk cabai, kenaikan terjadi untuk semua jenis. Sepekan lalu misalnya, harga cabai rawit masih di kisaran Rp 28 ribu kini mencapai Rp 43 ribu per kilogram.

Dikutip dari suaraindonesia.co.id, jejaring media suara.com, cabai merah besar yang awalnya berkisar di harga Rp 26 ribu ada sedikit kenaikan menjadi Rp 28 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit hijau yang awalnya masih berada di rata-rata Rp 22 ribu kini berkisar di harga Rp 32 ribu.

Baca Juga: Warga Kediri Diminta Kurangi Mobilitas Jelang Libur Akhir Tahun

"Kalau minyak goreng memang sudah mengalami kenaikan harga mulai bulan kemarin. Untuk cabai Seminggu yang lalu," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskopumdag) Kabupaten Banyuwangi, Nanin Oktaviantie, Jumat (3/11/2021).

Nanin menyebut, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok tersebut dipengaruhi oleh stok barang yang berkurang. Meski mulai terjadi peningkatan permintaan dan kenaikan harga, pihaknya menjamin untuk ketersediaan barang masih aman.

Diskopumdag Banyuwangi juga akan melakukan langkah antisipatif dengan operasi pasar jika memang diperlukan.

Komentar