facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kasus Pencabulan Santri, Pengasuh Ponpes Banyuwangi Tertangkap Sembunyi di Lampung

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 07 Juli 2022 | 18:15 WIB

Kasus Pencabulan Santri, Pengasuh Ponpes Banyuwangi Tertangkap Sembunyi di Lampung
Pengasuh Ponpes FZ tersangka kasus pencabulan santri di Banyuwangi saat gelar perkara di Mapolresta Banyuwangi, Kamis (7/7/2022). [Suara.com/Achmad Hafid Nurhabibi]

Pengasuh pondok pesantren di Banyuwangi itu sembunyi di Kabupaten Lampung Utara.

SuaraMalang.id - Terlapor dugaan kasus pencabulan enam santri di Banyuwangi, FZ tertangkap.  Pengasuh pondok pesantren di Banyuwangi itu sembunyi di Kabupaten Lampung Utara. 

Sebelumnya, FZ tiga kali mangkir panggilan polisi. FZ diringkus tanpa perlawanan.

"Selanjutnya FZ diperiksa dan mengakui kesalahannya. FZ saat ini resmi ditetapkan sebagai tersangka," kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa, Kamis (7/7/2022)

Kombes Deddy Foury Millewa menjelaskan, penjemputan secara paksa disebabkan karena FZ telah tiga kali tidak mengindahkan panggilan polisi, sehingga cara tersebut dilakukan.

Baca Juga: Mencekam, Begini Kondisi Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Jombang saat Upaya Penangkapan DPO Kasus Pencabulan

"Ini LP tertanggal 17 Juni 2022. Ditingkatkan penyidikan pada 27 Juni 2022. Saat itu sudah ditetapkan tersangka," kata Kapolresta.

Dijelaskannya, FZ mulai melakukan pelarian sejak 19 Juni 2022, sebelumnya FZ telah berpindah-pindah tempat persembunyian, dan akhirnya tertangkap di Kabupaten Lampung Utara, pada Selasa (5/7/2022) lalu.

"Tanggal 19 Juni 2022 sudah pergi dari ponpes dan sempat pindah-pindah di beberapa tempat dan akhirnya di Lampung Utara," ungkap Kapolresta Banyuwangi. 

Sebagai informasi, FZ dilaporkan terkait dugaan tindak pidana pencabulan terhadap 6 santri, 5 diantaranya perempuan, dan 1 laki-laki, modus FZ mengelabui para korban adalah mengecek keperawanan, setelah itu juga sempat memberi iming-iming hadiah uang.

Terancam 20 Tahun Penjara

Baca Juga: Berani Speak Up Lewat Podcast Deddy Corbuzier, Dua Korban Pelecehan Seksual di SMA SPI Banjir Dukungan Warganet

Pelaku berinisial FZ disangkakan pasal berlapis, yakni pasal 81 atau 82 UU no 17 tahun 2016 tentang penetapan perpu no 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait