facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Empat Tips Bagi UMKM yang Ingin "Go Digital"

Muhammad Taufiq Minggu, 26 Juni 2022 | 11:42 WIB

Begini Empat Tips Bagi UMKM yang Ingin "Go Digital"
UKM Go Digital [Foto: Antara]

Banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sangat kesulitan bertahan di tengah masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

SuaraMalang.id - Banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sangat kesulitan bertahan di tengah masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Salah satu cara bagi para pelaku UKM untuk bisa bertahan dengan memanfaatkan platform digital. Platform ini diyakini bisa membantu usaha mereka menghadapi masa sulit seperti sekarang ini.

Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menunjukkan ada 17,25 pelaku UMKM yang masuk ekosistem digital per Februari 2022.

Selain berjualan online, adalah penting bagi pelaku usaha memahami pemasaran digital agar bisnis mereka teurs bertumbuh.

Baca Juga: Relawan Sebut Sandiaga Uno Layak Jadi Presiden

Google Indonesia, dikutip dari siaran pers, membagikan empat tips bagi UMKM yang ingin "go digital", menyambut Hari UMKM Internasional setiap 27 Juni.

1. Tujuan "go digital"

Pelaku usaha sebaiknya memahami apa tujuan mereka masuk ke platform online. Secara garis besar, "go digital" bukan sekedar mendaftarkan nama bisnis ke lokapasar online, namun, untuk menemukan pelanggan baru, meningkatkan efektivitas kerja dan mengembangkan peluang bisnis.

2. Gunakan peralatan digital

Tujuan masuk ke ekosistem digital bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, misalnya mengoptimalkan alat (tool) yang diberikan platform.

Baca Juga: UMKM dan Perekonomian Indonesia di Era 4.0 Menuju 5.0

Misalnya, gunakan Google Bisnisku untuk mendaftarkan usaha, lalu, untuk meningkatkan efektivitas kerja, gunakan email, kalendar, penyimpanan awan dan aplikasi panggilan video.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait