facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peternak di Probolinggo Bisa Bernapas Lega, Sudah Dapat Kiriman 9000 Dosis Vaksin PMK

Muhammad Taufiq Minggu, 26 Juni 2022 | 10:00 WIB

Peternak di Probolinggo Bisa Bernapas Lega, Sudah Dapat Kiriman 9000 Dosis Vaksin PMK
Ilustrasi peternak sapi. (Dok: Danone Indonesia)

Para peternak di Probolinggo Jawa Timur ( Jatim ) akhirnya bisa bernapas lega. Sebanyak 9000 vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah didistribusikan ke daerah itu.

SuaraMalang.id - Para peternak di Probolinggo Jawa Timur ( Jatim ) akhirnya bisa bernapas lega. Sebanyak 9000 vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah didistribusikan ke daerah itu.

Vaksin tersebut diterima pada Jumat kemarin dalam kemasan 90 vial, masing-masing vial berisi 100 dosis. Jumlah tersebut terbagi dalam 70 vial atau 7.000 dosis vaksin untuk sapi perah.

Sisanya sebanyak 20 vial atau 2.000 dosis untuk sapi potong. Demikian disampaikan Plt Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo drh. Faiq El Himmah.

“Alhamdulillah, vaksin PMK akhirnya sudah diterima oleh Kabupaten Probolinggo. Vaksinasi PMK ini diperlukan sebagai upaya pengendalian dan penanggulangan PMK di Kabupaten Probolinggo,” katanya dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com, Minggu (26/06/2022).

Baca Juga: Lampung Dapat Jatah Vaksin PMK Sebanyak 37 Ribu Dosis

Faiq mengatakan, vaksin PMK ini dikirim Kementerian Pertanian kepada Dinas Peternakan Jatim. Selanjutnya dialokasikan kepada 19 daerah tertular PMK, salah satunya Kabupaten Probolinggo.

“Prioritas dari vaksin PMK ini adalah sapi dan kerbau bibit di UPT perbibitan pusat dan daerah, sapi perah milik peternak dan koperasi serta sapi dan kerbau indukan serta anakan,” jelasnya.

Faiq menjelaskan, kriteria sapi yang bisa divaksin adalah sapi dalam kondisi sehat dan belum pernah terinfeksi PMK, dengan umur minimal dua minggu serta betina yang sedang bunting namun dalam kondisi sehat.

“Setelah vaksinasi pertama, kemudian vaksinasi diulang empat minggu kemudian dan booster enam bulan kemudian. Dalam satu botol itu berisi 200 ml yang bisa digunakan untuk 100 ekor. Vaksin ini harus disimpan pada suhu dua hingga delapan derajat celsius,” jelasnya.

Sementara Plt Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo, Maryoto berharap, ternak sapi perah dan potong yang sehat bisa segera diberikan vaksin PMK oleh tenaga medis kesehatan hewan.

Baca Juga: Wabah PMK, MUI Sarankan Umat Muslim Kurban Kambing

“Selain itu, terkendalinya penyebaran penyakit PMK dan timbulnya antibody PMK pada ternak setelah divaksin serta Kabupaten Probolinggo khususnya dan Indonesia pada umumnya bebas PMK,” katanya menegaskan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait