facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Setelah Insiden Sejumlah Kecelakaan di AS, Mobil Tesla dengan Penggerak Otomatis Akan Ditarik dari Pasaran

Muhammad Taufiq Minggu, 12 Juni 2022 | 11:10 WIB

Setelah Insiden Sejumlah Kecelakaan di AS, Mobil Tesla dengan Penggerak Otomatis Akan Ditarik dari Pasaran
Ilustrasi mobil Tesla. (Pexels/SCREEN POST)

Setelah muncul insiden kecelakaan, beberapa mobil Tesla dengan sistem penggerak otomatis (autopilot) akan ditarik dari pasaran (recall).

SuaraMalang.id - Setelah muncul insiden kecelakaan, beberapa mobil Tesla dengan sistem penggerak otomatis (autopilot) akan ditarik dari pasaran (recall).

Hal ini terjadi setelah Amerika Serikat (AS) melakukan penyelidikan terkait sejumlah insiden kecelakaan yang melibatkan kendaraan, terutama truk dengan sistem otomatis tersebut di parkiran.

Dikutip dari Associated Press, Minggu, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya AS (NHTSA) mengatakan bahwa mereka sedang meningkatkan penyelidikan Tesla ke analisis teknik, tanda lain dari peningkatan pengawasan dari Tesla dan sistem kemudi otomatisnya.

Dokumen yang diunggah pekan ini oleh NHTSA mengangkat beberapa masalah serius tentang sistem autopilot Tesla.

Baca Juga: The Best 5 Oto: BYD Pasok Baterai ke Tesla, CUPRA Siapkan Tiga Model Mobil Listrik, Penjualan Volvo Terlaris

Badan tersebut menemukan bahwa fitur digunakan di area di mana kemampuannya terbatas, dan banyak pengemudi tidak mengambil tindakan untuk menghindari kecelakaan meskipun ada peringatan dari kendaraan.

Penyelidikan sekarang mencakup 830 ribu kendaraan, hampir semua yang telah dijual oleh pembuat mobil Austin, Texas, di AS sejak awal model tahun 2014.

NHTSA melaporkan bahwa mereka telah menemukan 16 tabrakan ke kendaraan darurat dan truk dengan tanda-tanda peringatan, menyebabkan 15 luka-luka dan satu kematian.

Penyelidik akan mengevaluasi data tambahan, kinerja kendaraan dan "mengeksplorasi sejauh mana autopilot dan sistem Tesla terkait dapat memperburuk faktor manusia atau risiko keselamatan perilaku, merusak efektivitas pengawasan pengemudi," kata badan tersebut.

Analisis teknik adalah tahap akhir dari penyelidikan, dan dalam banyak kasus, NHTSA memutuskan dalam waktu satu tahun apakah harus ada penarikan kembali atau penyelidikan harus ditutup.

Baca Juga: BYD Kini Jadi Sohib Elon Musk, Tesla Incorporation Bakal Dipasok Baterai

Di sebagian besar dari 16 kecelakaan, mobil Tesla mengeluarkan peringatan tabrakan kepada pengemudi sesaat sebelum tabrakan. Pengereman darurat otomatis ikut andil untuk setidaknya memperlambat mobil di sekitar setengah kasus.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait