facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

KSBI Perjuangkan Marsinah Pahlawan Nasional, Wakil Gubernur Jatim Beri Dukungan

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 01 Mei 2022 | 21:22 WIB

KSBI Perjuangkan Marsinah Pahlawan Nasional, Wakil Gubernur Jatim Beri Dukungan
Peluncuran Obor Marsinah di Taman Ismail Marzuki Cikini Jakarta, Rabu (30/4). [suara.com/Adrian Mahakam]

Wagub Emil Dardak juga membahas tentang bagaimana usulan dari Pemda Nganjuk terkait pembangunan monumen.

SuaraMalang.id - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendukung Marsinah sebagai Pahlawan Nasional. Emil mengapresiasi usulan dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) tersebut, termasuk pembangunan “Monumen Perjuangan Marsinah” di Nganjuk.

"Terkait Marsinah, kami siap mendukung dalam memperjuangkan Marsinah sebagai Pahlawan Nasional," ujarnya dalam rangka Hari Buruh di Surabaya seperti diberitakan Antara, Minggu (1/5/2022).

Wagub Emil Dardak juga membahas tentang bagaimana usulan dari Pemda Nganjuk terkait pembangunan monumen.

Selain itu, Emil juga mengajak KSBSI turut andil dalam membangun kesadaran di antara para buruh dalam memperjuangkan kepemilikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Baca Juga: Marsinah Diusulkan Jadi Pahlwan Nasional oleh Partai Buruh

"Kita bisa membangun satu kesadaran di antara para buruh untuk mengecek status BPJS, sudahkah menjadi anggota,” ucap suami Arumi Bachsin tersebut.

Ia juga menyampaikan kepada pihak KSBSI bahwa Pemprov Jatim selalu terbuka melakukan komunikasi serta dialog sosial dalam menyelesaikan berbagai masalah terkait ketenagakerjaan dan buruh.

"Pertemuan berkesinambungan baik untuk dilakukan, sebab bisa saling memonitoring peristiwa yang terjadi, baik yang sifatnya aduan dari para buruh dan akan kami bantu menindaklanjutinya kepada pihak perusahaan,” kata dia.

Sementara itu, beberapa usulan terkait penganugerahan Marsinah sebagai Pahlawan Nasional juga digulirkan Komite Eksekutif (Exco) Partai Buruh.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal di Jakarta beberapa hari lalu menilai Marsinah merupakan simbol perjuangan kelompok buruh dan selama ini belum ada satu pun tokoh buruh yang menerima gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah.

Baca Juga: Said Iqbal Cs Bakal Gelar May Day Fiesta Beri Penghargaan Pahlawan Buruh Nasional ke Marsinah

Marsinah merupakan seorang aktivis buruh dan buruh pabrik yang tewas karena disiksa sekelompok orang saat dia memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan pekerja di pabrik tempatnya bekerja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait