facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Januari-Februari Puncak Musim Penghujan di Banyuwangi, Hujan Angin dan Petir Masih Terjadi

Muhammad Taufiq Rabu, 05 Januari 2022 | 14:36 WIB

Januari-Februari Puncak Musim Penghujan di Banyuwangi, Hujan Angin dan Petir Masih Terjadi
Ilustrasi hujan (Pixabay/Fiexel 2013)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi memprediksi puncak musim penghujan di daerah itu bakal terjadi pada Januari-Februari 2022.

SuaraMalang.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi memprediksi puncak musim penghujan di daerah itu bakal terjadi pada Januari-Februari 2022.

Selama dua bulan tersebut intensitas hujan bakal cenderung tinggi. Oleh sebab itu masyarakat diminta mewaspadai cuaca ekstream yang bakal terjadi selama dua bulan ini.

Seperti disampaikan Prakirawan BMKG Banyuwangi Rezky P Hartiwi. Ia mengatakan puncak musim penghujan ini akan terjadi peningkatan curah hujan yang relatif tinggi dari biasanya.

"Pasti puncaknya lebih tinggi curah hujannya dari pada bulan-bulan sebelumnya," ujar Rezky seperti dikutip dari suarajatimpost.com, jejaring media suara.com, Rabu (5/1/2021).

Baca Juga: BMKG Prediksi Hujan Lebat Dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Termasuk Bali

Rezky pun meminta agar masyarakat mewaspadai resiko atau dampak bencana hidrometeorologi dari musim penghujan ini.

"Jadi yang perlu diwaspadai, pertama pasti perubahan cuaca yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Itu pas hujan biasanya disertai petir juga angin kencang," katanya.

Selain itu, BMKG juga membeberkan pantauan cuaca wilayah Banyuwangi selama tiga hari kedepan. Berdasar keterangan BMKG selama tiga hari kedepan berpotensi terjadi hujan ringan.

Adapun untuk perkiraan tinggi gelombang di wilayah selatan Banyuwangi untuk tiga hari kedepan juga di 1,5 - 2,5 meter. Kondisi itu masih kategori normal.

Baca Juga: Waspada Untuk Wilayah Ini, BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat Disertai Kilat

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait