facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menyelisik Temuan Yoni dan Bola Batu di Candi Songgoriti

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 21 Desember 2021 | 22:11 WIB

Menyelisik Temuan Yoni dan Bola Batu di Candi Songgoriti
Temuan Yoni dan Dua Bola Batu baru dilakukan survei awal dan melakukan bola batu yang ditemukan tidak jauh dari Candi Songgoriti. [Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia]

Ditemukan Yoni dan dua bola batu di dekat kawasan Candi Songgoriti, Kota Batu, Jawa Timur.

SuaraMalang.id - Ditemukan Yoni dan dua bola batu di dekat kawasan Candi Songgoriti, Kota Batu, Jawa Timur. Dinas Pariwisata setempat masih menyelisik temuan artefak tersebut.

Arkeolog Dinas Pariwisata Kota Batu, Widya Heri Setyowati mengatakan pihaknya telah menganalisa keterkaitan tiga benda purbakala tersebut dengan keberadaan Candi Songgoriti. Dijelaskannya, penemuan Yoni dan bola batu berjarak kurang lebih 100 meter dari lokasi candi.

"Bola batu masih belum diketahui fungsinya, karena jumlahnya hanya satu. Sementara satu lagi yang ada di dekat kolam, kita belum tahu bentuk secara utuh, karena belum tergali. Tapi sudah terdata, kami survey," ujar Widya mengutip dari Timesindonesia.co.id --jejaring media Suara.com, Selasa (21/12/2021).

Meski ditemukan dalam satu kawasan, lanjut Widya, pihaknya memasukkan data ketiga benda itu sebagai data mandiri yang tidak terkait dengan temuan di Candi Songgoriti.

Baca Juga: Jelang Libur Akhir Tahun, Perhotelan di Kota Batu Mulai Perketat Pengawasan Prokes

"Kita masih belum bisa mengambil asumsi apa-apa, karena benda jumlahnya terbatas dan selama ini belum ada kajian tentang temuan yang terkait dengan batu bola tersebut," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Widya, pihaknya beransumsi bahwa bola batu tersebut merupakan bolder candi. Beberapa literasi menyebutkan bahwa bola batu berjumlah banyak biasanya terdapat juga kapak pembelah.

Bola batu menjadi salah satu jenis peralatan penting bagi kehidupan manusia Purba Sangiran namun belum ada yang tahu persis fungsi bola batu ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait