facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanah Longsor Melanda Bantaran Sungai Brantas di Kota Malang, Rumah Ini Nyaris Ambrol

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 11 Desember 2021 | 20:46 WIB

Tanah Longsor Melanda Bantaran Sungai Brantas di Kota Malang, Rumah Ini Nyaris Ambrol
Ilustrasi tanah longsor di DAS Brantas. --Rumah terdampak bencana tanah longsor di Kedungkandang Kota Malang, Senin (15/3/2021). [Suara.com/Bob Bimantara Leander]

peningkatan curah hujan dalam beberapa hari terakhir menyebabkan aliran Sungai Brantas menjadi bertambah deras sehingga menggerus tanah tanpa plengsengan.

SuaraMalang.id - Tanah longsor melanda DAS Brantas dan mengancam permukiman warga di Kota Malang, Jawa Timur. Rumah warga di Jalan Muharto gang V itu terancam ambrol akibat bencana longsor sepanjang 25 meter tersebut, pada Sabtu (11/12/2021).


Dilansir dari unggahan akun instagram @bpbd_malangkota, peningkatan curah hujan dalam beberapa hari terakhir menyebabkan aliran Sungai Brantas menjadi bertambah deras sehingga menggerus tanah tanpa plengsengan. Akibatnya tanah yang berada di dekat pemukiman warga di Jalan Muharto  gang V longsor.


Peristiwa itu pertama kali diketahui oleh seorang warga bernama Pendi (43). Saat peristiwa terjadi, Pendi tengah mengecor jalan umum di RT05/RW06, yang sebelumnya retak.


Kemudian terdengar bunyi  pada tanah dan spontan meminta warga untuk melakukan evakuasi. Selang beberapa menit, longsor pun terjadi. Peristiwa terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.

Baca Juga: Sungai Brantas Kembali Meluap, Belasan Rumah di Kota Malang Terendam Banjir


Dalam video yang diunggah, terlihat detik-detik saat tanah akan longsor. Tanah sepanjang 25 meter yang berada tepat di belakang rumah warga itu pun langsung ambrol ke sungai.  Tumbuhan dan juga asbes yang semula berada di atas bantaran pun ambrol.

Kontributor : Fisca Tanjung

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait