alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diterjang Awan Panas Erupsi Gunung Semeru, Dusun Sumbersari Terkubur

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 05 Desember 2021 | 22:06 WIB

Diterjang Awan Panas Erupsi Gunung Semeru, Dusun Sumbersari Terkubur
Seorang warga mengangkut barang yang bisa diselamatkan dari rumahnya yang hancur akibat erupsi Gunung Semeru di desa Supiturang, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc]

Mayoritas rumah warga rusak berat terdampak erupsi Gunung Semeru.

SuaraMalang.id - Awan panas guguran (APG) erupsi Gunung Semeru menerjang Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Sabtu (4/12/2021). Akibatnya, kondisi permukiman warga rata tanah, bak kuburan.

Mayoritas rumah warga rusak berat terdampak erupsi Semeru. Pada Minggu (5/12/2021) warga mendatangi rumahnya masing-masing untuk mengais harta benda yang mungkin masih tersisa.

Namun, hal itu urung dilakukan lantaran hujan abu vulkanik menguyur kawasan tersebut. Sontak warga panik menyelamatkan diri.

“Kondisinya rusak berat semua,” ujar salah satu warga Dusun Sumbersari, Ponirin, mengutip dari Beritajatim.com jejaring media Suara.com, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru, Wisata Bromo Tetap Buka Normal

Ponirin menuturkan, harta benda muliknya dan warga lain dipastikan tak selamat melihat kondisi perkampungan yang terkubur material erupsi.

“Kalau pakaian-pakaian itu tidak ada yang dibawa. Hewan ternak itu banyak yang mati,” jelasnya.

Dijelaskannya, tidak ada tanda-tanda akan terjadinya erupsi, pada Sabtu (4/12/2021). Alhasil para warga kalut dan bingung menyelamatkan diri masing-masing.

“Orang-orang itu lari kebingungan,” Ponirin mengakhiri.

Terpisah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, ada 112 gardu listrik yang mengalami masalah akibat erupsi. Namun, secara bertahap sebagian mulai berfungsi kembali.

Baca Juga: Pemprov Jateng Siap Bantu Tangani Bencana Erupsi Gunung Semeru

“Sebanyak 33 gardu sudah teraktivasi,” katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait