alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Detik-detik Mencekam Erupsi Gunung Semeru, Gelap Gulita Akibat Hujan Abu

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 04 Desember 2021 | 17:15 WIB

Detik-detik Mencekam Erupsi Gunung Semeru, Gelap Gulita Akibat Hujan Abu
Erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). [Kolase foto: istimewa]

Detik-detik mencekam erupsi Semeru terekam kamera ponsel warga. Seperti pada unggahan Twitter @DaryonoBMKG, terekam suasana di lokasi kejadian gelap.

SuaraMalang.id - Erupsi Gunung Semeru, pada Sabtu (4/12/2021) sore ini mencekam. Kondisi sekitar lereng Semeru, khususnya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur gelap akibat hujan abu.

Detik-detik mencekam erupsi Semeru terekam kamera ponsel warga. Seperti pada unggahan Twitter @DaryonoBMKG, terekam suasana di lokasi kejadian gelap.

"Info sementara sumberwuluh. Jam empat sore seperti malam saudara, khususnya bagi warga Kabupaten Malang khususnya kepala desa untuk waspada. Ini lah kondisi Lumajang pada saat ini, hujan lebat disertai angin," ujar perekam dikutip SuaraMalang.id, Sabtu.

Gunung Semeru Erupsi, Khofifah Siap Bergerak ke Lokasi Malam Ini

Baca Juga: STOP PRESS! Gunung Semeru Erupsi, Warga Panik Menyelamatkan Diri

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat di sekitar Gunung Semeru, Jawa Timur untuk segera melakukan evakuasi agar aman dan selamat.

Melalui unggahan instagram pribadinya di @khofifah.ip, Khofifah mengaku sudah mendapatkan video yang memperlihatkan situasi Gunung Semeru saat erupsi. 

"Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat," tulis Khofifah dalam keterangan unggahan tersebut. 

Dia mengatakan, BPBD Provinsi saat ini sudah menuju lokasi. Dia juga akan menuju ke lokasi malam ini.

"Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi. Mohon ihtiar dan do'a mugi selamet sedoyo," lanjutnya.

Baca Juga: Waspada, Gunung Semeru 4 Kali Muntahkan Lava Pijar

Unggahan tersebut pun dibanjiri komentar dari warganet. Tak sedikit yang mendoakan agar seluruh masyarakat diberikan keselamatan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait