alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Evakuasi Pendaki Pingsan di Gunung Raung

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Rabu, 01 Desember 2021 | 06:37 WIB

Evakuasi Pendaki Pingsan di Gunung Raung
Ilustrasi pendaki Gunung Raung. [Istimewa]

Pendaki bernama Estevanus Jacques Carlo (39) warga asal Karawang Jawa Barat ini kemudian dievakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

SuaraMalang.id - Seorang pendaki di Gunung Raung, Banyuwangi, Jawa Timur dilaporkan pingsan. Pendaki bernama Estevanus Jacques Carlo (39) warga asal Karawang Jawa Barat ini kemudian dievakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kronologisnya, korban dan delapan orang rombongannya mendaki melalui akses masuk Wonorejo, Desa Kalibaru. Kemudian dilaporkan sakit dan meminta untuk evakuasi.

“Korban mengeluh sakit setelah perjalanan turun dari Puncak Sejati Gunung Raung ke Pos 8,” kata Petugas TRC Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Banyuwangi, Ismanto, mengutip dari Beritajatim.com jejaring media Suara.com, Selasa (30/11/2021).

Evakuasi cukup terkendala, lantaran kondisi dan cuaca.

Baca Juga: Gunung Raung Semburkan Asap, Begini Penjelasannya

“Pagi kita mulai naik ke Pos 8 karena hujan dan medan sulit dilalui. Akhirnya kita sampai di perkampungan sore hari. Kita lakukan evakuasi bersama keplisian dan warga,” sambungnya.

Pendaki tersebut diketahui kondisinya lemas. Petugas melakukan evakuasi menggunakan tandu kain dan pengait kayu. Sesampainya di kaki Gunung Raung, pendaki dijemput oleh ambulans dari RSU Bhakti Husada Krikilan, Kecamatan Glenmore untuk mendapatkan perawatan medis.

Sementara Kapolsek Kalibaru, AKP Abdul Jabar membenarkan evakuasi pendaki Gunung Raung yang pingsan tersebut dan kekinian telah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

“Laporannya ada pendaki yang sakit dan pingsan saat akan turun gunung. Korban di Pos 8 kemudian sudah dirawat,” pungkasnya.

Baca Juga: Pendakian Gunung Raung Dibuka Kembali Pasca Erupsi Januari 2021

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait