facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gubernur Khofifah Prioritaskan Korban Akibat Banjir Bandang Kota Batu

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 05 November 2021 | 11:58 WIB

Gubernur Khofifah Prioritaskan Korban Akibat Banjir Bandang Kota Batu
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memantau penanganan banjir bandang Kota Batu, Jumat (5/11/2021). [Instagram/@khofifah.ip]

Gubernur Khofifah juga menekankan ketersediaan konsumsi, pendirian dapur umum sebagai pusat layanan warga terdampak banjir bandang.

SuaraMalang.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menginstruksikan penanganan dampak banjir bandang Kota Batu memprioritaskan percepatan pencarian dan penyelamatan para korban. 

Gubernur Khofifah juga menekankan ketersediaan konsumsi, pendirian dapur umum sebagai pusat layanan warga terdampak banjir bandang. Instruksi selanjutnya, normalisasi berbagai fasilitas umum yang rusak terdampak banjir bandang.

Pemprov Jatim bersama pemerintah Kota Batu , TNI dan POLRI serta Kemen PUPR akan melakukan identifikasi terkait rehabilitasi dan rekonstruksi akibat dampak banjir bandang.

Sejumlah paket bantuan juga digelontor, berupa sembako, beras, lauk pauk, terpal, tandon lipat, kompor, selimut, family kit, kids ware, dan kantong jenazah.

Baca Juga: Banjir Bandang Kota Batu Terkini, Satu Korban Ditemukan Meninggal

Khofifah juga memberikan santunan uang duka bagi ahli waris keluarga korban bencana banjir bandang masing-masing sejumlah Rp 10 juta.

Begitu pula untuk percepatan pembersihan material sampah yang terbawa banjir bandang Gubernur Khofifah langsung perintahkan BPBD Jatim, Dinas Sumber Daya Air serta PU Cipta Karya saling kordinasi agar dapat dipenuhi kebutuhan eskavator dan dump truck.

“Semuanya harus gercep bersama-sama untuk memberikan rasa aman dan menjamin keselamatan warga,” kata Khofifah mengutip dari Beritajatim.com jaringan Suara.com, Jumat (5/11/2021).

Seperti diketahui, imbas menimgkatnya curah hujan di Kota Batu berdampak pada meluapnya air Sungai Brantas ke wilayah bantaran yang dilewatinya. Tercatat enam titik terdampak yang tersebar di dua kecamatan, Bumiaji dan Batu.

Kecamatan Bumiaji, rinciannya Dusun Sambong dan Dusun Beru di Desa Bulukerto, Desa Sumberbrantas, Dusun Gemulo di Desa Punten dan sekitaran Jalan Raya Dieng Desa Sidomulyo menjadi wilayah terdampak banjir bandang.

Baca Juga: Update Banjir Bandang Kota Batu, 21 Rumah Rusak

Sedangkan satu lainnya berada di Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo Kecamatan Batu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait