facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspadai Bencana Hidrometeorologi, Hari Ini Jatim Kembali Dilanda Hujan Lebat

Muhammad Taufiq Jum'at, 05 November 2021 | 09:50 WIB

Waspadai Bencana Hidrometeorologi, Hari Ini Jatim Kembali Dilanda Hujan Lebat
Ilustrasi hujan. (Shutterstock)

Kemarin hujan deras disertai angin kencang melanda Jawa Timur ( Jatim ). Bahkan di Kota Batu sempat diterjang bencana banjir bandang.

SuaraMalang.id - Kemarin hujan deras disertai angin kencang melanda Jawa Timur ( Jatim ). Bahkan di Kota Batu sempat diterjang bencana banjir bandang.

Hari ini, hujan deras kembali diramalkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda. Hujan diramalkan bakal melanda sejak siang hingga sore hari.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta waspada kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Seperti disampaikan koordinator bidang data dan informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto. Dari pantauan citra satelit yang dilakukan pada hari ini tercatat beberapa daerah di Jawa Timur berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang.

Baca Juga: Termasuk Semarang, Sejumlah Kota Diprediksi akan Turun Hujan Lebat Disertai Petir

"Waspada terhadap hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah di Jawa Timur," katanya, seperti dikutip dari Antara, Jumat (05/11/2021).

Ia mengatakan, pada pagi hari diprakirakan cuaca sebagian wilayah Jatim cerah, berawan, dan hujan ringan sampai sedang.

"Kemudian pada siang dan sore hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan sampai sedang, dan hujan lebat disertai petir. Selain itu pada malam hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan sampai sedang," katanya.

Ia mengatakan, beberapa wilayah yang berpotensi terjadinya hujan lebat disertai dengan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan.

"Selain itu juga berpotensi terjadi di Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso," katanya.

Baca Juga: Heboh Video Pelaminan Hancur Diterjang Hujan Angin, Publik: Doa Mantan Terkabul

Dari pantauan yang dilakukan hari ini, suhu udara berkisar antara 14 sampai 33 derajat Celsius, kemudian kelembaban udara antara 60 sampai 100 persen.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait