alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Renovasi Benteng Van Den Bosch Ngawi Nemu Ratusan Peluru dan Benda Cagar Budaya

Muhammad Taufiq Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:10 WIB

Renovasi Benteng Van Den Bosch Ngawi Nemu Ratusan Peluru dan Benda Cagar Budaya
Benda cagar budaya peninggalan Era Kolonial Belanda di Benteng Van Den Bosch Ngawi [Foto: Beritajatim]

Balai Prasarana Permukiman Jawa Timur Kementerian PUPR menemukan banyak benda peninggalan cagar budaya saat merenovasi Benteng Van Den Bosch di Ngawi.

SuaraMalang.id - Balai Prasarana Permukiman Jawa Timur Kementerian PUPR menemukan banyak benda peninggalan cagar budaya saat merenovasi Benteng Van Den Bosch di Ngawi.

Benda-benda itu diantaranya ratusan peluru, koin belanda, dan banyak lagi benda peninggalan era kolonial. Hal ini disampaikan PPK PSPO dan PBL Balai Prasarana Permukiman Jawa Timur Any Virgiani.

Ia mengatakan, benda-benda itu ditemukan saat proses renovasi Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi. Tak hanya itu ada juga struktur dinding yang ada di sekitar kawasan benteng.

"Ada beberapa benda sekaligus struktur cagar budaya yang kami temukan saat proses renovasi. Semuanya kami kumpulkan dan kami serahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB)," katanya seperti dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Restorasi Benteng Van Den Bosch, Jokowi Pernah Berkunjung

Namun, Any masih belum tahu, struktur tersebut merupakan bangunan yang batal diselesaikan atau justru bangunan yang sudah dirobohkan.

Selebihnya, jika nanti bisa dilakukan ekskavasi tentu bisa jadi lokasi wisata edukasi. "Dinding itu nanti bakal kami ekspos, kalau bisa nanti ditunjukkan supaya mendukung wisata edukasi," kata Any.

Selain itu, ada juga saluran drainase lawas yang digunakan jaman Belanda. Di depan bangunan satu ada sebuah dome yang berkonstruksi dari batu bata.

Pihaknya masih akan berkoordinasi dengan BPCB. "Kami akan bicarakan apakah akan diekspos atau ditutup saja," kata Any menegaskan.

Baca Juga: Ngeri! Detik-detik Pengendara Motor Tergencet Bus Sugeng Rahayu dan Bus Mira di Ngawi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait