alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Inspiratif! Akibat Lengan Patah, Lalu Terbitlah Nasgor 'Robot' di Malang

Muhammad Taufiq Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:50 WIB

Inspiratif! Akibat Lengan Patah, Lalu Terbitlah Nasgor 'Robot' di Malang
Kedai Nasgor Robot di Malang [Foto: Timesindonesia]

Penjual nasi goreng memanfaatkan teknologi robot lagi viral baru-baru ini. Adalah Dartadi (60), penjual nasi goreng di Jalan Muharto Gang 5B Kota Malang.

SuaraMalang.id - Penjual nasi goreng memanfaatkan teknologi robot lagi viral baru-baru ini. Adalah Dartadi (60), penjual nasi goreng di Jalan Muharto Gang 5B Kota Malang.

Ia membuat inovasi inspiratif gegara kekurangan fisiknya yang kemudian dikenal dengan nama Nasgor Robot. Dartadi memiliki kekurangan fisik. Lengannya patah akibat kecelakaan sehingga hidupnya tak lagi normal.

Tak mau patah semangat, Ia kemudian menyulap rombongnya bak robot (mesin) dengan memasang mesin pengaduk nasi goreng.

Ditemui di tempatnya berjualan, Dartadi mengatakan awal tahun 2019 silam ia mulai berpikir keras dengan mencoba berbagai ide untuk bisa tetap berjualan dengan kondisi lengan patah.

Baca Juga: Asyik! Uji Coba Buka Mall Buat Anak di Bawah 12 Tahun di Kota Malang Direstui Pusat

Akhirnya, terciptalah robot pengaduk masakan yang tertancap rapi di rombongnya. Tak semudah itu, ia pun terus merombak mesin tersebut hingga 2 tahun lamanya.

"Sempurnanya di tahun 2021 ini. Awal dulu saya coba mesin ini itu, gak sesuai saya ganti lagi. Kan lengan saya ini patah, gak mungkin bisa pakai satu tangan kalau bikin nasi goreng," ujar Dartadi, seperti dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suaraMalang.id, Sabtu (16/10/2021) malam.

Ayah tiga anak tersebut berkali-kali melakukan eksperiman hingga sempat merasa putus asa dengan kemampuannya.

Akan tetapi, dengan kegigihannya yang tak pernah padam dan juga keadaan yang tidak memungkinkan ia untuk berhenti bekerja, akhirnya Dartadi pun sukses menyempurnakan alat tersebut.

"Saya bongkar-bongkar mesin ini sampai subuh. Kan jualan mulai jam 18.00 sampai 01.00 WIB, itu dirumah lanjut saya otak atik lagi," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Bigmatch Lawan Persija, Singo Edan Arema FC Dalam Performa Terbaik, Tapi...

Dartadi yang telah berjualan nasgor selama 8 tahun ini, mengaku dulu sempat mempekerjakan orang sebelum menggunakan mesin aduk tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait