alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Soal Dukungan Caketum PBNU di Muktamar Lampung, Ketua PWNU Jatim Belum Bisa Declare

Muhammad Taufiq Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:37 WIB

Soal Dukungan Caketum PBNU di Muktamar Lampung, Ketua PWNU Jatim Belum Bisa Declare
KH Marzuki Mustamar. [Foto: tangkapan layar YouTube]

Meskipun PCNU Se-Jatim memutuskan mengusung Yahya Cholil Staquf, namun Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim KH Marzuki Mustamar mengatakan netral.

SuaraMalang.id - Meskipun PCNU Se-Jatim memutuskan mengusung Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), namun Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim KH Marzuki Mustamar mengatakan masih netral.

Kiai Marzuki mengatakan, secara pribadi dirinya belum bisa memutuskan dukungan ke sosok siapa yang akan diusung maju dalam sebagai Ketua Umum PBNU di Muktamar NU pada 23-25 Desember di Lampung nanti.

"Mendukung gak mendukung gak bisa di-declare sekarang secara pribadi. Kami masih menunggu pertimbangan," kata dia ditemui Rabu (13/10/2021).

Ulama kelahiran Blitar itu pun menjelaskan, untuk dukungannya ke siapa Ia meminta agar bertanya ke Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU) Jatim KH Ahmad Fahrur Rozi.

Baca Juga: Ini Pertimbangan PCNU Jatim Usung Gus Yahya Cholil Staquf di Muktamar ke-34 NU

"Kalau lebih detailnya sampean tanya ke Gus Fahrur. Saya hanya ketua hanya tahu yang umum. Rapat-rapat semuanya detailnya ke Gus Fahrur," katanya menegaskan.

Sementara itu, Fahrur mengatakan, dukungan untuk Miftachul Akhyar dan Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya sebagai calon Rais Aam - Ketua Umum PBNU itu sudah bulat.

"Dalam rapat bersama PCNU se-Jawa Timur kemarin itu sudah bulat dan juga ada Kyai Marzuki juga ditandatangani juga oleh Kyai dukungan itu. Itu sudah bulat," kata dia.

Awalnya memang ada beda pendapat saat rapat untuk menentukan suara PCNU dan PWNU Jatim di pemilihan Ketua Umum PBNU Desember mendatang.

Namun ketika Rais Syuriah, KH Anwar Mansur memilih mendukung Gus Yahya dan Miftachul Akhyar, maka suara seluruh PCNU dan PWNU Jawa Timur juga tunduk pada keputusan tersebut.

Baca Juga: PCNU se-Jawa Timur Rapatkan Barisan Usung KH Yahya Cholil Staquf Caketum PBNU

"Karena di NU ini kami mengedepankan ke senior-an. Memang ketika rapat siang ada sejumlah perbedaan pendapat. Tapi ketika rapat keputusan. Ketika Kyai Anwar sudah mengatakan A semua ya nurut taslim. Di situ juga ada Kyai Marzuki dan ada pers conference-nya," kata dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait