alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bahaya! 5 Makanan Sehat dan Begizi Ini Bisa Jadi Racun Kalau Dipanaskan

Muhammad Taufiq Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:57 WIB

Bahaya! 5 Makanan Sehat dan Begizi Ini Bisa Jadi Racun Kalau Dipanaskan
Ilustrasi kari kentang. (Pixabay/yvonneanje)

Sayuran memang baik bagi kesehatan. Namun dengan catatan dipanaskan dengan benar. Sebab bila salah, alih-alih bermanfaat, makanan ini justru bisa menjadi racun.

SuaraMalang.id - Sayuran memang baik bagi kesehatan. Namun dengan catatan dipanaskan dengan benar. Sebab bila salah, alih-alih bermanfaat, sayuran ini justru bisa menjadi racun.

Begitu juga dengan lima sayuran di bawah ini. Memanaskan kembali sayuran tersebut bisa menurunkan kadar nutrisi yang terkandung di dalamnya. Padahal tubuh memerlukan nutrisi utuh dari makanan untuk dapat menjalankan fungsi normal.

Setelah memahami hal buruk dari memanaskan makanan, kamu juga perlu tahu jenis makanan apa saja yang tak boleh dipanaskan kembali. Dilansir dari healthline, berikut ini daftar makanan yang bisa jadi racun:

Kentang

Baca Juga: Konsumsi Vitamin D Secara Berlebihan Dapat Menyebabkan Keracunan

Kentang bisa menjadi kudapan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat. Namun makanan ini tidak bisa dipanaskan kembali karena dapat menyebabkan timbulnya bakteri langka menurut ahli kesehatan. Untuk itu, pastikan tidak memasak dalam jumlah banyak agar tidak terbuang percuma,yaa dipanas kan.

Sayur Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang tinggi kandungan nitrat. Bayam biasanya diolah dengan berbagai cara, seperti ditumis, dijadikan bening, bahkan untuk bahan campuran gado-gado. Karena kandungan nitrat dalam bayam cukup tinggi, maka memanaskannya bisa sangat buruk bagi kesehatan.

Senyawa nitrat yang ada pada bayam bisa berubah menjadi senyawa yang dapat menyebabkan kanker jika sayuran hijau ini dipanaskan berkali-kali.

Jamur

Baca Juga: Waspada, Konsumsi Suplemen Vitamin D dengan Dosis Tinggi Bisa Menyebabkan Keracunan

Makanan yang mudah diolah ini termasuk makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali karena akan menimbulkan racun dan berbahaya untuk kesehatan organ pencernaan tubuh.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait