alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kreatif, Program Pilah Sampah Daur Ulang di Malang Ini Dapat Voucher Belanja

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 28 September 2021 | 17:39 WIB

Kreatif, Program Pilah Sampah Daur Ulang di Malang Ini Dapat Voucher Belanja
Head Coordinator iLiterrless, Ence Adinda Dianasta Almas menerima sampah botol bekas perawatan wajah, Selasa (29/8/2021). [Suara.com/Bob Bimantara Leander]

Program tersebut mengajak masyarakat menukar sampah anorganik dengan voucher belanja di sepuluh kafe yang ada di Kota Malang.

SuaraMalang.id - Tidak sedikit masyarakat yang belum sadar pentingnya memilah sampah daur ulang. Merespon itu, organisasi non-profit, iLitterless mengampanyekan Green Consumer Day.

Program tersebut mengajak masyarakat menukar sampah anorganik dengan voucher belanja di sepuluh kafe yang ada di Kota Malang.


Dalam program kali ini, mayoritas diikuti kaum hawa yang menukarkan botol bekas perawatan kulit ke relawan iLitterless.

Terlihat sejumlah peserta program menukarkan botol tersebut yang dibawa di dalam tas kain.

Baca Juga: Viral Pengunjung Kafe di Malang Abai Prokes, Warganet Malah Mengungkit Gowes Wali Kota


Head Coordinator iLetterless, Ence Adinda Dianista Almas mengatakan, memang banyak wanita muda Malang yang antusias mencoba-coba produk perawatan kulit. 


"Sehingga botolnya kan banyak. Nah itu mereka kebanyakan gak tau harus diapakan sampahnya itu. Padahal sampah skincare itu bisa didaur ulang dan bisa bermanfaat," tutur Ence.


Ence menambahkan, berdasarkan pantauannya, kebanyakan botol bekas skincare itu bercampur dengan sampah organik. Hal ini pun membuat sampah yang ada di Indonesia terutama di Malang menjadi sulit diuraikan.


"Nah kami tujuannya itu memisahkan itu. Sekarang sampah nasional kita itu 60 ton per tahun itu data dari KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup). Itu besar banget. Ketika diselidiki ternyata  sampah-sampah tersebut tidak berkualitas karena bercampur dengan sampah organik," jelasnya.


Dosen Language Center Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menambahkan, programnya ini adalah untuk langkah kecil merubah kebiasaan memilah sampah masyarakat.

Baca Juga: Kaca Jendela Rumah Pecah, Ekspresi Warga Tetap Santai: Hanya Ada di Jatim


Ketika sampah anorganik diserahkan ke 10 kafe yang bekerjasama dengan iLitterless, Ence mengatakan sampah akan diserahkan ke bank sampah yang ada di Malang Raya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait