alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Misteri Mayat Pria Ditemukan di Dasar Dam Banyuwangi, Kaki Terikat Besi

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Rabu, 15 September 2021 | 19:11 WIB

Misteri Mayat Pria Ditemukan di Dasar Dam Banyuwangi, Kaki Terikat Besi
Ilustrasi mayat ditemukan di Dam, Banyuwangi. [Antara]

Kasi Humas Polresta Banyuwangi, Iptu Lita Kurniawan menjelaskan, mayat ditemukan pada Selasa (14/9/2021) sekitar pukul 18.00 WIB dengan kondisi

SuaraMalang.id - Purwanto (54) warga asal Kota Kediri ditemukan tewas di dasar Dam 1 Sungai Kalisetail, Desa Sidorejo, Banyuwangi. Kematiannya mencurigakan lantaran ditemukan dengan kondisi kaki terikat tali dengan besi.

Menyadur TIMES Indonesia, Purwanto ke Banyuwangi bersama teman dan rekannya dari Bogor sedang menggarap proyek digitalisasi Dam yang ada di Desa Sidorejo.

Kasi Humas Polresta Banyuwangi, Iptu Lita Kurniawan menjelaskan, mayat ditemukan pada Selasa (14/9/2021) sekitar pukul 18.00 WIB dengan kondisi kaki kanan dari mayat ini diikat dengan tali yang ujung terikat pada potongan besi dengan panjang sekitar 50 sentimeter.

Kekinian, mayat tersebut telah dievakuasi ke RSUD Blambangan. Sedangkan proses autopsi masih menunggu persetujuan pihak keluarga.

Baca Juga: PTM Banyuwangi, Wali Murid Banyak yang Mengeluhkan Seragam Anak Kekecilan

"Autopsi belum bisa dilakukan, karena masih menunggu pihak keluarga. Sekarang sedang dalam perjalanan ke Banyuwangi," katanya, Kamis (15/9/2021).

Kronologis penemuan mayat tersebut, lanjut dia, bermula saat teman korban kebingungan mencari keberadaan Purwanto. Kemudian sekitar pukul 15.00 WIB teman korban mulai mencari dengan menanyakan ke warga sekitar Dam. Sebab, sekitar pukul 12.00 WIB korban masih terpantau membersihkan besi di area Dam tersebut.

Teman korban kemudian membuka pintu air Dam 1 tersebut untuk menurunkan debit air. Debit air di Dam 1 Sungai Kalisetail saat normal kedalamannya mencapai 5 meter.

"Kira-kira setelah magribh, sekitar pukul 18.00 pintu air dam itu dibuka. Setelah surut kemudian ditemukan pria tersebut sudah tenggelam dengan terikat tali dan besi sebagai pemberat di kakinya," jelas Iptu Lita.

Apakah mayat tersebut menjadi korban pembunuhan atau pelaku bunuh diri, polisi saat ini masih belum bisa menyimpulkan. Akan tetapi, tali yang mengikat kaki dan ujung tali lainnya terikat ke besi pemberat diketahui memiliki simpul yang rapi.

Baca Juga: DPRD Banyuwangi Usul Insentif Nakes Covid-19 Ditambah

"Belum dipastikan. Penyebabnya apa masih dalam penyelidikan polisi," cetus Kasi Humas Polresta Banyuwangi tersebut saat dikonfirmasi TIMES Indonesia soal penemuan mayat yang terjangkar besi tenggelam di Dam 1 sungai Kalisetail Kabupaten Banyuwangi tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait