alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Tips Foto Produk dengan HP secara Profesional

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Sabtu, 11 September 2021 | 09:00 WIB

7 Tips Foto Produk dengan HP secara Profesional
Ilustrasi foto. (Pixabay)

Jangan menggunakan zoom untuk memfoto produk dagangan.

SuaraMalang.id - Dunia jualan online saat ini semakin berkembang. Makin banyak orang yang terjun berjualan melalui jalur digital. Hal ini tidak lepas dari menjamurnya marketplace di Indonesia.

Jualan online memang terbilang cukup mudah. Hanya dengan memasang foto produk yang Anda jual, pembeli akan menghubungi dan membelinya. Barang yang diperjualbelikan pun sangat beragam, mulai pakaian, makanan, skincare, bahkan sampai peralatan rumah tangga. Semua produk bisa difoto menggunakan kamera HP saja. Bermodalkan studio mini, lighting yang pas, dan kamera HP, Anda bisa menghasilkan foto yang ciamik.

Anda ingin mengetahui tips foto produk dengan HP?

Begini Tips Foto Produk dengan HP Lebih Ciamik

Baca Juga: Pemotretan Iklan Pakaian Dalam, Body Goals Jennie BLACKPINK Jadi Sorotan

Kualitas foto produk jualan Anda bisa nyaris sejajar dengan hasil jepretan kamera profesional asal Anda tahu caranya. Ikuti 7 tips foto produk dengan HP berikut ini.

1. Maksimalkan Resolusi

HP Android keluaran baru memiliki resolusi kamera minimal 5 megapixels. Dengan resolusi tersebut, sebenarnya kamera HP sudah bisa menghasilkan foto yang bagus. Namun, untuk hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa mengatur kamera HP secara manual. Mainkan pengaturan kamera di HP Anda. Atur resolusi maksimal, white balance, dan fitur lainnya.

Ingat, jangan terburu-buru melepas HP dari produk yang difoto. Perhatikan waktu jeda antara menekan tombol dengan waktu kamera mengambil foto produk. Pada waktu jeda ini, tangan yang memegang kamera harus dalam keadaan stabil dan tidak goyang. Bila diperlukan, gunakan tripod atau benda lain untuk menjaga kestabilan HP agar kamera tidak goyang.

2. Jangan Pakai Zoom

Baca Juga: Menggelar Konser Musik Cukup dalam Genggaman, Begini Caranya

Jangan sekali-kali menggunakan fitur zoom untuk memotret produk jualan Anda. Ternyata, fitur zoom membuat foto yang dihasilkan memiliki resolusi yang rendah sehingga risiko gambar pecah akan makin besar.

Kamera HP memang cenderung memperkecil ukuran objek foto. Alih-alih menggunakan fitur zoom, lebih baik dekatkan kamera HP ke objek foto. Hal ini akan menghindari hasil foto yang kurang tajam.

3. Siapkan Studio Mini Sederhana

Studio mini terbilang cukup penting bagi pemilik bisnis online. Perlengkapan ini dibutuhkan untuk membuat foto produk terkesan lebih profesional. Akan tetapi, tidak perlu memaksakan diri membangun studio foto. Cukup memanfaatkan barang yang ada di rumah. Siapkan kotak kardus bekas, lubangi sisi depan dan atas, lapisi dengan kain putih di bagian latar, samping kanan dan kiri. Letakkan lampu di bagian atas dan studio mini Anda sudah jadi. Anda bisa juga memanfaatkan selembar kain atau kertas karton berwarna terang atau putih. Letakkan objek di atas hamparan kain tersebut, dan foto produk jadi bagus.

4. Lighting yang Pas

Faktor penting dari sebuah foto produk adalah lighting atau pencahayaan yang baik. Pencahayaan ini bisa didapat dari alam, yaitu cahaya matahari. Waktu terbaik untuk memotret produk dengan memanfaatkan cahaya matahari adalah di pagi dan sore hari. Anda bisa melakukan sesi foto outdoor dengan mengandalkan pancaran cahaya matahari.

Sedangkan jika memilih foto indoor, Anda perlu mempersiapkan lampu untuk membantu penerangan foto produk. Gunakan lampu duduk yang dipasang di sisi kanan dan kiri produk saat pengambilan foto. Hindari penggunaan flash dari kamera. Ini akan membuat hasil foto produk Anda kurang maksimal.

5. Gunakan Model

Untuk foto produk fashion, contohnya baju, jam tangan, aksesoris, usahakan menggunakan model. Hal ini bertujuan agar pembeli yang melihat foto Anda mendapatkan gambaran kira-kira jika mereka memakai produk tersebut. Selain itu, kesan profesional akan muncul jika Anda memakai jasa model untuk foto produk jualan. Lakukan pengambilan foto dengan beberapa angle berbeda, agar calon pembeli bisa melihat produk secara keseluruhan dan main tertarik untuk membeli.

6. Mainkan Fitur Editing

Anda pasti telah melengkapi HP dengan aplikasi editing foto. Manfaatkan aplikasi ini untuk membuat hasil foto produk Anda menjadi lebih baik dan cantik. Namun, perlu diingat jangan melakukan editing foto secara berlebihan. Hal ini akan membuat foto Anda terlihat aneh. Lakukan editing seperlunya saja untuk mengeluarkan kesan kuat pada produk Anda.

7. Tentukan Tema

Satu hal yang tidak boleh dilupakan saat melakukan sesi foto adalah tema. Pilih tema yang pas dengan produk yang Anda jual. Jangan sampai tema yang dipilih salah. Contohnya, produk fashion tetapi pernak pernik yang dipakai adalah rempah-rempah. Kalau temanya sudah oke, tentukan properti yang akan digunakan untuk mempercantik foto.

Salah satu merek HP yang dikenal memiliki kamera dengan resolusi bagus adalah OPPO. Dari tahun ke tahun, kameranya memang sukses menghasilkan foto yang ciamik. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh untuk bisa memiliki HP dengan kamera canggih ini. Cukup buka aplikasi Blibli.com di HP Anda. Pilih HP OPPO sesuai kebutuhan, klik bayar, konfirmasikan pembayaran, dan tunggu dengan manis di rumah. HP OPPO idaman akan mendarat sempurna di tangan.

Siapa yang tidak kenal Blibli.com, marketplace ternama di Indonesia yang memiliki produk terlengkap dan up to date. Segala macam kebutuhan Anda bisa ditemukan di sini. Cukup satu klik saja, dan selamat berselancar berbelanja di Blibli.com. Menghasilkan foto produk yang bagus dengan HP memang membutuhkan perjuangan tersendiri. Namun, ketika melihat hasilnya yang sempurna, tentu perjuangan tersebut tidak sia-sia. Semoga tips foto produk dengan HP di atas bisa membantu Anda dan para pebisnis online lainnya untuk meningkatkan citra profesional di mata calon pembeli. Terus tingkatkan skill memotret dengan menggali lebih dalam tentang fitur-fitur kamera HP Anda.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait