alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jepang Sesali Sepak Terjang 'Bengisnya' di Masa Perang Dunia II

Muhammad Taufiq Minggu, 15 Agustus 2021 | 12:38 WIB

Jepang Sesali Sepak Terjang 'Bengisnya' di Masa Perang Dunia II
Kaisar Jepang Naruhito [Foto: Antara]

Penyesalan Jepang ini disampaikan Kaisar Naruhito saat memperingati 76 tahun kekalahan negaranya dalam Perang Dunia II atas Sekutu.

SuaraMalang.id - Penyesalan Jepang ini disampaikan Kaisar Naruhito saat memperingati 76 tahun kekalahan negaranya dalam Perang Dunia II atas Sekutu.

Pada PD II, Jepang memang ekspansif. Negara matahari terbit itu menyerang dan mencaplok banyak negara, terutama di kawasan Pasifik, salah satunya Indonesia.

Jepang kemudian takluk dan menyerah tanpa syarat ke Sekutu setelah bom atom dijatuhkan di dua kota Hiroshima dan Nagasaki. Pengeboman dua kota itu menandai kekalahan Jepang dari Sekutu yang dipimpin Amerika.

Mengenang masa lalu, Kaisar Naruhito mengungkapkan penyesalan yang mendalam atas masa lalu Jepang dalam perang. Ia juga menyampaikan pesan yang sejatinya tidak berubah dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Profil Takehiro Tomiyasu, Pemain Jepang yang Diincar Tottenham

"Melihat kembali masa damai pascaperang yang panjang, merenungkan masa lalu kita dan mengingat perasaan penyesalan yang mendalam, Saya sungguh-sungguh berharap bahwa kerusakan akibat perang tidak akan pernah terulang lagi," kata Naruhito pada upacara memperingati mereka yang gugur dalam perang.

Jepang terlibat dalam Perang Dunia II demi nama Kaisar Hirohito, kakek dari Naruhito. Naruhito berharap masyarakat menyatukan hati dan bergabung dalam kekuatan untuk mengatasi pandemi virus corona. ANTARA

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait