alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapolresta Malang Kota dan Puluhan Anggotanya Donor Plasma Konvalesen

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 12 Agustus 2021 | 19:45 WIB

Kapolresta Malang Kota dan Puluhan Anggotanya Donor Plasma Konvalesen
Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto saat melakukan screening donor plasma konvalesen, Kamis (12/8/2021). [Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia]

Donor plasma konvalesen digelar di gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/8/2021).

SuaraMalang.id - Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto dan sejumlah 57 anggotanya donor plasma konvalesen. Para penyintas Covid19 ini termotivasi mendonorkan plasmanya untuk membantu masyarakat.

Donor plasma konvalesen digelar di gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/8/2021).

"Saya ingin berbuat sesuatu nagi masyarakat Kota Malang dan Malang Raya. Maka dari itu yang menggerakan saya, sehingga saya harus ikut dalam donor plasma ini dan saya mengajak anggota Polresta yang sebagai penyintas untuk mau berbagi dalam hal donor plasma kepada saudara-saudara kita dalam kondisi Covid-19," ujarnya akrab disapa Buher ini, mengutip dari TIMES Indonesia, Kamis (12/8/2021).

 
"Ini untuk membantu warga sesama saudara kita dengan jalan kemanusiaan. Jika tidak lolos, minimal kita tetap melaksanakan donor darah untuk langkah kegiatan Hari Kemerdekaan Indonesia," sambungnya.

Baca Juga: INFOGRAFIS: Syarat Donor Plasma Konvalesen

Sementara, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika mengatakan, pihaknya juga mengajak penyintas Covid-19 untuk ikut serta mendonorkan plasma konvalesen.

"Kita menyiapkan pendonor mulai Sekwan hingga TPOK diatas 10 sampai 15 orang. Kami juga dari sisi fraksi menyiapkan pendonor," tuturnya.

Tak hanya sekedar donor plasma konvalesen, Made meminta jika para pendonor yang tak lolos screening, juga bisa mendonorkan darahnya untuk menangani kasus DBD yang saat ini juga sedang mengganas.

"Kami juga berbicara ke PMI bahwa yang tidak lolos plasma jangan di suruh pulang. Tapi bisa donor biasa. Sekarang DBD mengganas. Nah inilah sudah datang untuk donor kalau gak bisa plasma," tegasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Malang, Imam Bukhari menjelaskan, PMI bisa melayani sekitar 10 orang untuk donor setiap harinya. Sebab, kebutuhan plasma konvalesen bagi para penderita Covid-19 cukup tinggi, yakni berguna untuk peningkatakan imun tubuh.

Baca Juga: Waspada Penipuan Donor Plasma Konvalesen, Begini Modusnya

Meski demikian, lanjut dia, proses screening persyaratannya cukup ketat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait