alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemerintah Kota Malang Menyiapkan Tempat Isolasi Pasien COVID-19 di Setiap Kecamatan

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Rabu, 28 Juli 2021 | 06:00 WIB

Pemerintah Kota Malang Menyiapkan Tempat Isolasi Pasien COVID-19 di Setiap Kecamatan
Ilustrasi virus Corona Covid-19. Kota Malang Wacanakan Tempat Isolasi Pasien COVID-19 di Setiap Kecamatan(Shutterstock)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, kepala puskesmas di lima kecamatan sedang mencari lokasi tepat untuk rumah isolasi pasien Covid-19

SuaraMalang.id - Pemerintah Kota Malang mewacanakan buka tempat isolasi atau safe house di setiap kecamatan. Tempat isolasi itu berfungsi merawat pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, kepala puskesmas di lima kecamatan sedang mencari lokasi yang tepat untuk rumah isolasi pasien COVID-19 tersebut.

"Rencana ada. Isolasi terpusat di wilayah kecamatan, saat ini masih dicari lokasinya oleh kepala wilayah (puskesmas)," kata Husnul dikutip dari Antara, Selasa (27/7/2021).

Ia menambahkan, Pemkot Malang juga sedang mengupayakan penambahan fasilitas isolasi bagi pasien konfirmasi positif COVID-19 memanfaatkan rumah susun mahasiswa (rusunawa) milik Universitas Brawijaya Malang. Lokasinya di Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Baca Juga: J99 Corp Kembali Salurkan 5.000 Paket Sembako dan Alkes untuk Warga Malang Raya

"Masih dikuatkan di dalam perjanjian kerjasamanya. Masih proses," tambahnya.

Sebagai informasi, pada wilayah Kota Malang terdapat lima kecamatan yakni Kecamatan Lowokwaru, Kecamatan Klojen, Kecamatan Sukun, Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Kedungkandang.

Sementara, lanjut dia, terkait dengan tingkat keterisian atau Bed Occupancy Ratio (BOR) ruang isolasi pada rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Kota Malang, tercatat sudah mulai mengalami penurunan. Sementara untuk ruang Intensive Care Unit (ICU) masih penuh.

"BOR yang menurun di isolasi, namun masih di atas atas 87 persen. Sementara ICU masih 100 persen, masih penuh," ungkapnya.

Tercatat, di Kota Malang, secara keseluruhan ada sebanyak 10.168 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 6.733 orang dilaporkan telah sembuh, 738 dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Baca Juga: Rumah Sakit Saiful Anwar Malang Tambah Kapasitas IGD Pasien Covid-19

Di wilayah Kota Malang, memiliki 11 rumah sakit rujukan penanganan COVID-19. Beberapa rumah sakit tersebut diantaranya adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Malang, RS Lapangan Idjen Boulevard, dan Rumah Sakit Tentara (RST) dr Soepraoen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait