alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Sembuh Covid-19, Begini Kisah Para Penyintas di Kota Malang

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 25 Juli 2021 | 07:30 WIB

Tips Sembuh Covid-19, Begini Kisah Para Penyintas di Kota Malang
Ilustrasi Covid-19.Tips Sembuh Covid-19, Begini Kisah Para Penyintas di Kota Malang. (Unsplash/Adam Niescioruk)

Beberapa penyintas Covid-19 di Kota Malang berbagi pengalaman sembuhnya

SuaraMalang.id - Angka kesembuhan Covid-19 di Kota Malang bertambah 17 pasien sembuh, per 23 Juli 2021. Terakumulasi 6.546 pasien sembuh sepanjang pandemi Virus Corona.

Terus bertambahnya kesembuhan tidak lepas dari peran pasien yang tetap semangat untuk sembuh dari paparan Covid-19. Berikut ini sejumlah kisah dan tips sembuh Covid-19 dari para penyintas di Kota Malang.

Salah satu penyintas Covid-19, Harto Sutiyo mengatakan, tak kendor untuk terus berjuang sembuh dengan menguatkan imun dan iman saat menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Awalnya anak saya yang terpapar Covid-19, kemudian istri saya dan saya pun ikut terpapar. Akhirnya kami melakukan isoman,” ujar warga Kelurahan Bakalan Krajan ini.

Baca Juga: Ada yang Tolak Penginapan Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid, Wali Kota Malang: Ini Kan Lucu

Selama isoman, lanjut dia, tertib dan disiplin mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Kemudian obat herbal dari empon-empon atau rempah-rempah dan madu.

Jika mengalami sesak napas, Ia mencoba mengatasi dengan menghirup minyak kayu putih dan minyak angin. Selain itu, dia juga rutin berjemur pada pukul 09.00-10.30.


Harto Sutiyo juga makan secara teratur dan cukup, supaya imun meningkat. Jika imun naik, maka proses kesembuhan kian cepat. Pikiran juga tidak boleh terlalu stres. Sehingga sangat dianjurkan selalu berdoa dan berpikir positif untuk sembuh.

“Setelah menjalani isoman, Alhamdulillah saat ini saya sudah fit dan negatif Covid-19. Semoga kita semua dikasih kesehatan, panjang umur, dan terhindar dari segala penyakit. Selalu berdoa kepada Tuhan, semoga Tuhan selalu melindungi kita,” pungkasnya.

Sementara, penyintas Mutho' Shobiri mengatakan, saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang, cara agar daya tahan tubuhnya meningkat yakni rajin mengonsumsi vitamin dan meminum obat dari dokter.

Baca Juga: Info Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 Gratis Hari Ini untuk Warga Kabupaten Malang

“Saya menerapkan pola hidup sehat serta makan makanan yang bergizi. Walaupun pada waktu itu indra perasa dan penciuman saya hilang, saya juga berjemur di pagi hari,” tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait