alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Prosentase Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Malang Mencapai 81 Persen

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 15 Juli 2021 | 14:51 WIB

Prosentase Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Malang Mencapai 81 Persen
Ilustrasi COVID-19. Kasus Harian Melonjak, Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Kota Malang Mencapai 81 Persen. (Unsplash/Martin Sanchez)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menjelaskan, prosentase kesembuhan pasien Covid-19 pernah menyentuh 90 persen berdasar pedoman standar WHO

SuaraMalang.id - Prosentase atau tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Malang mencapai 81,7 persen. Satgas setempat terus mengupayakan peningkatan pelayan, supaya laju penularan virus dapat dibendung.

Melansir timesindonesia.co.id -- jejaring media suara.com, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang sebanyak 8.091 kasus, per 14 Juli 2021. Sejumlah 6.407 diantaranya telah dinyatakan sembuh. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menjelaskan, prosentase kesembuhan pasien Covid-19 pernah menyentuh 90 persen berdasar pedoman standar WHO. Tingkat kesembuhan tersebut mengalami penurunan lantaran lonjakan kasus harian dalam beberapa pekan terakhir ini.

"Artian turun ini bukan anjlok, karena ada pertambahan kasus positif harian. Jadi prosentase kesembuhan ini dibagi angka kasus aktif harian. Jadilah 81,7 persen itu," ujarnya, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Geger Video Teror Ketuk Pintu Rumah Warga di Malang, Pas Dilihat Kosong

Dijelaskannya, berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan angka kesembuhan Covid-19. Salahsatunya dengan mengoptimalkan layanan di sejumlah rumah sakit.

"Harus optimis naik terus (angka kesembuhan Covid-19). Kita juga terus upayakan perbaikan layanan treatmentnya. Baik di rumah sakit dan juga memperluas 2T (testing dan tracing)," ungkapnya.

Namun, lanjut dia, Pemkot Malang masih belum bisa memberikan layanan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) secara gratis sebagai upaya peningkatan tracing atau pelacakan. 

"Kita sampai saat ini juga belum bisa memberikan layanan tes Swab gratis. Kita fokus aktif sementara di tracing saja baru ke testing," katanya.

Husnul menambahkan, program vaksinasi di Kota Malang telah mencapai 303.490 dosis dari total vaksin 346.640 dosis. Pemkot Malang optimistis percepatan vaksinasi dapat menciptakan herd imunity atau kekebalan kelompok.

Baca Juga: Polisi Buru Penyebar Pesan Berantai Ajakan Demo PPKM Darurat di Kota Malang

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait