alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bikin Merinding, Sejumlah Bangunan di Malang Ini Dikenal Angker

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 11 Juni 2021 | 13:15 WIB

Bikin Merinding, Sejumlah Bangunan di Malang Ini Dikenal Angker
Hotel Niagara, Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. [Foto: Instagram/@hotelniagaramalang]

Sejumlah bangunan lawas berikut ini di Malang dikenal dengan kisah mistisnya

SuaraMalang.id - Tak hanya dikenal daerah tujuan wisata. Malang, Jawa Timur juga menyimpan sejumlah bangunan-bangunan lawas yang sudah berdiri sejak lama. Bahkan, ada yang berusia ratusan tahun dan masih kokoh berdiri.

Beberapa di antaranya ada yang terbengkalai dan tidak terurus. Tak heran, bangunan-bangunan itu pun kemudian terkenal dengan kisah mistis nan angker. Tak hanya itu, ada juga bangunan yang masih terpakai hingga saat ini dan dikenal dengan kisah horornya. Lantas, bangunan apa saja itu?

Hotel Niagara

Hotel Niagara, Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. [Foto: Instagram/@hotelniagaramalang]
Hotel Niagara, Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. [Foto: Instagram/@hotelniagaramalang]

Hotel dengan suasana klasik ini berdiri sejak tahun 1918. Berdasarkan rumor, arsitektur dari hotel yang berada di Jalan Dr Soetomo 63 Lawang ini adalah pria keturunan Brasil bernama Fritz Joseph Pinedo. Pinedo diduga menyelesaikan penggarapan hotel ini selama 15 tahun.

Baca Juga: Sejarah Jembatan Panus Depok, Dibangun Tahun 1917 Sering Disebut Angker

Mulanya, bangunan tersebut dirancang bukan untuk menjadi sebuah hotel melainkan vila. Vila tersebut dibangun atas keinginan seorang pengusaha Tionghoa bernama Liem Sian Joe. Pada masa itu, villa yang dibangun di Lawang sudah cukup banyak.

Tak lama dimiliki Liem Sian Joe, villa tersebut berpindah tangan kepada pengusaha Tionghoa bernama Ong Kie Jay. Kemudian, villa tersebut mengalami pemugaran menjadi sebuah hotel yang kini disebut dengan nama Hotel Niagara.

Hotel ini rupanya terkenal dengan cerita horornya. Cerita mistis yang beredar di masyarakat, kabarnya dari lantai 3 bangunan tersebut terdapat tiga noni Belanda. Terkadang, mereka kerap menjaili tamu yang datang menginap.

Bahkan, beberapa waktu lalu hotel ini sempat viral usai seorang pengunjung menceritakan kisah mistisnya saat menginap di hotel tersebut melalui video yang diunggah di TikTok.

Wisma Tumapel

Baca Juga: Ingin Mengubah Kesan Angker, Pemkot Madiun Bikin Lomba Bersih Kuburan

Beranjak ke wilayah bundaran Alun-Alun Tugu yang berlokasi di dekat Balai Kota Malang, tepatnya berseberangan dengan Hotel Splendid Inn, terdapat bangunan kuno yang bernama Wisma Tumapel. Walaupun sekarang kondisi bangunan sudah direnovasi, tapi tetap mempertahankan bentuk aslinya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait