alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Mengubah Kesan Angker, Pemkot Madiun Bikin Lomba Bersih Kuburan

Chandra Iswinarno Rabu, 07 April 2021 | 16:30 WIB

Ingin Mengubah Kesan Angker, Pemkot Madiun Bikin Lomba Bersih Kuburan
Lomba Bersih Kubur di Kota Madiun. [Suaraindonesia.co.id]

Lomba bersih makam digelar Pemkot Madiun untuk mengubah kesan angker, horor dan menyeramkan terkait keberadaan kuburan.

SuaraMalang.id - Mendengar kata kuburan atau pemakaman, tentunya akan terbayang tempat yang angker, horor, menyeramkan dan berbagai hal yang dikaitkan dengan aktivitas mistis. Namun, ada terobosan menarik yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, yakni menggelar lomba bersih makam.

Aktivitas yang terbilang unik ini dilakukan Pemkot Madiun dengan melibatkan kelurahan serta organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Madiun Totok Sugiarto mengatakan, lomba kebersihan makam tersebut menindaklanjuti instruksi Wali Kota Madiun. Juga di sisi lain, langkah tersebut sebagai upaya mengubah stigma masyarakat terkait kondisi pemakaman yang angker, gelap dan kotor.

"Makam juga bisa untuk kebutuhan sehari-hari, hal ini juga menindaklanjuti persiapan menjelang bulan suci ramadhan," katanya seperti dilansir Suaraindonesia.co.id-jaringan Suara.com pada Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Kuburan Cina di Jambi Terbakar

Dia menjelaskan, lomba kebersihan makam sudah berjalan selama dua tahun dan diikuti 85 titik makam yang ada di Kota Madiun. Salah satu poin utama penilaiannya adalah membuat makam menjadi bersih. Apalagi pada situasi pandemi seperti ini, kebersihan makam menjadi hal yang penting.

Lebih lanjut, dia mengemukakan ada beberapa kriteria penilaian lomba kebersihan makam, sehingga ke depannya bisa bersaing untuk perlombaan di tingkat lebih tinggi lagi.

"Kriterianya kebersihan, kenyamanan, dan penataan ruang. Sedangkan untuk pewarnaan dilakukan murni dari swadaya masyarakat atau ahli waris," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Nambangan Lor Slamet menyampaikan terima kasihnya kepada semua jajaran terkait atas terpilihnya Makam Kiageng Budug bisa tampil dalam perlombaan kebersihan makam. Apalagi di makam tersebut juga ada salah satu makam seorang yang membatat Nambangan Lor.

"(Perlombaan) sudah kedua kalinya, dimana di periode sebelumnya kita dapat juara tiga tinggal kecamatan. Diharapkan kedepan bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar. Lantaran dimasa pandemi seperti ini, bisa memanfaatkan makam untuk suatu hal yang lebih baik," ucapnya.

Baca Juga: Istri Geal Geol di Acara Nikah, Kamarnya Mepet Kuburan Bikin Merinding

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait