alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Emil Dardak Dukung Keputusan Pemerintah Membatalkan Keberangkatan Haji 2021

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 04 Juni 2021 | 22:35 WIB

Emil Dardak Dukung Keputusan Pemerintah Membatalkan Keberangkatan Haji 2021
ilustrasi. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menolak maju sebagai calon Ketua Kwarda Pramuka Jatim (Foto: Ist)

Pemerintah melalui Kementerian Agama RI kembali memutuskan tidak memberangkatkan calon jemaah haji pada 2021

SuaraMalang.id - Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Timur, Emil Dardak mendukung langkah pemerintah membatalkan keberangkatan Haji 2021.

"Kami dari IPHI mendukung penuh kebijakan dari pemerintah karena mereka telah mengambil langkah-langkah yang paling bijak dan paling tepat," katanya dikutip dari suarajatimpost.com media jejaring suara.com, Jumat (4/6/2021). 

Pemerintah melalui Kementerian Agama RI kembali memutuskan tidak memberangkatkan calon jemaah haji pada 2021. Pembatalan pemberangkatan haji itu tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021. Alasannya, karena masih pandemi Covid-19 dan demi keselamatan jemaah.

Keputusan tersebut juga diambil setelah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak, yakni DPR RI, kementerian/lembaga, organisasi keagamaan, asosiasi biro perjalanan, dan sejumlah unsur lainnya. 

Baca Juga: RI Batalkan Haji 2021, Komnas Haji: Bukti Negara Berdaulat di Mata Dunia

Menanggapi itu, Ketua IPHI Jatim Emil Dardak meminta anggota IPHI di daerah memberikan pendampingan untuk menyemangati calon jemaah haji yang gagal berangkat tahun ini. 

"Kami berharap teman IPHI di masing-masing daerah membangun silaturahim dengan jamaah calon haji yang gagal berangkat untuk memberikan semangat dan motivasi," sambungnya. 

Emil juga menyampaikan simpatinya terhadap para calon jemaah haji. 

"Mudah-mudahan diberikan kesehatan dan kesabaran. Kami berdoa dan optimistis bisa dibuka kembali supaya mereka bisa menunaikan rukun yang diharapkan sepanjang hidupnya," ujarnya. 

Pria pernah menjabat Bupati Trenggalek ini meyakini Kementerian Agama RI telah mengambil langkah-langkah paling bijak dan tepat untuk menyikapi pembatalan pemberangkatan haji pada tahun ini. 

Baca Juga: Haji 2021 Batal, Arie Untung: Gimana Kalau Allah Buka Pintu Surga Kecuali Buat Indonesia?

Alasan keamanan dan keselamatan karena pandemi Covid-19 menjadi dasar utama keputusan membatalkan pemberangkatan haji.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait