alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Setelah Dua Tahun Menanti, Jember Dapat Jatah 4.305 Kuota CPNS Tahun Ini

Chandra Iswinarno Sabtu, 08 Mei 2021 | 19:54 WIB

Setelah Dua Tahun Menanti, Jember Dapat Jatah 4.305 Kuota CPNS Tahun Ini
Bupati Jember Hendy Siswanto saat menyampaikan informmasi jatah CPNS baru di tahun 2021. [Foto: Faizin Adi /Jatimnet.com]

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Jember yang ingin mendaftar seleksi penerimaan CPNS. Pasalnya tahun ini, Pemkab Jember membuka lowongan untuk 4.305 posisi.

SuaraMalang.id - Kabar gembira bagi warga Kabupaten Jember yang ingin mendaftar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya tahun ini, Pemkab Jember membuka lowongan untuk 4.305 posisi pada tahun ini.

Total tersebut didapat setelah dua tahun berturut-turut, Jember tidak mendapat kuota penerimaan CPNS lantaran persoalan macetnya birokrasi dari pemerintahan sebelumnya.

“Alhamdulillah, Jember pada Juni 2021, atau paling lambat Juli, kita sudah akan mendapat jatah penerimaan 4.305 CPNS. Subhanallah, saya terharu sekali. Ini adalah kado buat saya dari negeri,” ujar Bupati Jember Hendy Siswanto seperti dilansir Jatimnet.com-jaringan Suara.com pada Sabtu (8/5/2021).

Dari total kuota tersebut, paling banyak lowongan didominasi untuk formasi tenaga pendidikan guru P3K sebanyak 3.671 kuota dan 634 CPNS baru formasi untuk tenaga kesehatan.

Baca Juga: Anggota DPRD Banyuwangi Jadi Korban Penipuan CPNS

“Mohon diinfokan kepada semua warga Jember, ayo bersiap, belajar. Saya harap ini bisa diisi semua oleh warga Jember. Bisa di buka persyaratannya dari sekarang di website Kemen PAN RB,” katanya.

Diakui Hendy, Jember nyaris gagal mendapatkan kuota CPNS pada tahun ini. Lantaran kendala pada transisi birokrasi, Pemkab Jember kemudian mengajukan permohonan kuota CPNS ke pemerintah pusat pada Maret 2021.

“Saya saat itu mengajukan 1.500 formasi, tapi ditolak karena sudah tutup. Tetapi saya mencoba meloby, memohon karena Jember sudah 2 tahun tidak dapat jatah CPNS. Saya bilang waktu itu, kasihan warga Jember, sampai harus ikut tes ke daerah lain,” tutur Hendy.

Selain memohon kelonggaran, orang nomor satu Jember ini juga memohon agar pemerintah pusat menambah kuota CPNS.

“Saya waktu itu memohon ke kementerian, kalau ada jatah yang tidak terpakai di daerah lain, bisa sekiranya dilimpahkan ke Jember,” tutur mantan pejabat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini.

Baca Juga: Kepala Pengamanan Lapas Jember Dibekuk Polisi Terkait Penipuan CPNS

Ternyata di luar perkiraan, dari 1.500 formasi yang diajukan, Jember justru mendapatkan lebih dari itu, yakni 4.305 formasi CPNS. Total, berdasarkan perhitungan yang ada, Jember membutuhkan sekitar 8.000 CPNS baru.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait