alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadwal Buka Puasa Ramadhan di Kota Malang, Kamis 29 April 2021

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 29 April 2021 | 16:49 WIB

Jadwal Buka Puasa Ramadhan di Kota Malang, Kamis 29 April 2021
ilustrasi Jadwal buka puasa Ramadhan di Kota Malang dan sekitarnya, Kamis (29/4/2021). . -- Sejumlah umat Muslim melaksanakan ibadah Shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (8/1/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Jadwal buka puasa Ramadhan di Kota Malang dan sekitarnya, Kamis (29/4/2021).

SuaraMalang.id - Jadwal buka puasa Ramadhan di Kota Malang dan sekitarnya, Kamis (29/4/2021) atau hari ke-17 Ramadhan

Puasa Ramadhan telah memasuki hari ke-17, ibadah puasa semoga terus dilancarkan hingga hari kemenangan tiba. Lantas apakah ibadah kita telah berkualitas. Telah yakinkan anda ibadahnya bakal diterima Allah SWT.

Melansir nu.or.id, kualitas ibadah puasa bukan sebatas bisa menahan lapar dan haus serta mampu menuntaskan puasa selama satu bulan saja.

"Kualitas puasa ini dalam artian mampu memaksimalkan fungsi, keutamaan, dan manfaat dari puasa untuk mampu meningkatkan kualitas diri serta mampu memaksimalkan bulan Ramadhan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah kita," dikutip Suara.com, Kamis.

Baca Juga: Bulan Ramadhan, Ini Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar

Supaya meraih puasa yang berkualitas, pertama harus benar-benar menata niat ikhlas berpuasa karena Allah subhanahu wata’ala.

"Jangan sampai terbersit sedikit pun rasa berat dan terbebani dengan ibadah puasa ini. Jangan sampai kita berpuasa karena malu dengan keluarga, takut dengan atasan, atau ingin dipuji oleh orang lain," tulis Muhammad Faizin, Sekretaris MUI Provinsi Lampung.

Ia melanjutkan, jika niatan yang ada dalam hati bisa jadi akan mengatakan berpuasa kepada orang lain, namun sebenarnya berbohong karena faktanya tidak berpuasa. Inilah yang kemudian bisa kita sebut sebagai puasa formalitas. Seharusnya datangnya Ramadhan harus disambut dengan rasa senang dan bahagia serta saat menjalankannya pun harus dengan kesungguhan dan keimanan.

"Jika hal ini bisa kita camkan pada diri kita, insyaallah kita akan meraih pahala dan diampuni dosa-doa kita yang telah lalu," ujarnya.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim yang sangat masyhur: 

Baca Juga: Latihan Makin Berat di Bulan Ramadhan, Shesar: Saya Sudah Bolong 8 Kali

"Barangsiapa berpuasa dibulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,".  

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait