alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Narapidana Lapas Bondowoso Isi Waktu Ramadhan dengan Seni Kaligrafi

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 20 April 2021 | 18:24 WIB

Narapidana Lapas Bondowoso Isi Waktu Ramadhan dengan Seni Kaligrafi
Narapidana atau Warga binaan Lapas Bondowoso saat mengerjakan seni kaligrafi untuk dijadikan hisan dinding masjid [Foto: Moh Bahri/TIMES Indonesia]

Seni kaligrafi para penghuni Lapas Bondowoso itu menggunakan media triplek

SuaraMalang.id - Narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Laembaga Pemasyarakatan Klas II B Kabupaten Bondowoso (Lapas Bondowoso) mengisi Puasa Ramadhan dengan membuat karya seni kaligrafi.

Napi berinisial S mengatakan, membuat seni kaligrafi sudah dilakukannya sejak sebelum Ramadhan. Momentum bulan suci ini Ia niatkan untuk mengisi waktu sembari menunggu waktu Maghrib untuk buka puasa tiba.

Seni kaligrafi para penghuni Lapas Bondowoso itu menggunakan media triplek. Setiap triplek panjangnya kurang lebih dua meter. Dalam pengerjaan kaligrafi dibantu dua temannya, dan tetap dipantau petugas lapas.

 
Biasanya mereka mulai berkarya pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB, kemudian istirahat siang. Lalu kembali melanjutkan penggarapan kaligrafi Pukul 13.00 WIB sampai 16.00 WIB jelang buka puasa.

Baca Juga: 34 Napi Teroris di Lapas Gunung Sindur Ikrar Setia NKRI

"Sudah dua minggu lebih kami mengerjakan kaligrafi ini. Ini masih ada banyak lembaran papan triplek yang masih belum dikerjakan," katanya dikutip dari Timesindonesia.co.id jaringan Suara.com, Selasa (20/4/2021).

Sementara, Kepala Lapas Bondowoso, Sarwito mengatakan, hasil karya seni kaligrafi dari warga binaan tersebut akan dijadikan sebagai hiasan dinding di dalam Masjid Lapas.

"Agar ornamennya lebih indah apabila ditambah kaligrafi ayat-ayat suci,” ujarnya.

Pengerjaan kaligrafi, lanjut dia, sudah dimulai sejak akhir Maret lalu. Menurutnya, tidak mudah menyelesaikan seni menulis Arab tersebut, lantaran butuh ketelitian yang tepat dalam menulis serta mewarnai.

Para WBP, masih kata dia, juga harus berhati-hati menggoreskan tinta cat pada papan triplek itu.   

Baca Juga: KTP Elektronik Bagi Warga Binaan

"Pembuatan kaligrafi untuk Masjid Lapas ini juga untuk aktivitas WBP selama bulan Ramadhan," paparnya.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait