alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pantau Aktivitas Gunung Semeru, Wakil Bupati Lumajang Imbau Warga Tak Panik

Ronald Seger Prabowo Minggu, 17 Januari 2021 | 12:44 WIB

Pantau Aktivitas Gunung Semeru, Wakil Bupati Lumajang Imbau Warga Tak Panik
Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati didampingi Kepala Polres Lumajang dan Dandim 0821 Lumajang memantau aktivitas Gunung Semeru dari Pos Pantau Gunung Sawur Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (16/1/2021) malam. (ANTARA/ HO - Diskominfo Lumajang)

Jarak luncur guguran awan panas Gunung Semeru sejauh 4,5 kilometer

SuaraMalang.id - Gunung Semeru terpantau memuntahkan awan panas pada Sabtu (16/1/2021), dengan jarak luncur sejauh 4,5 kilometer.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq juga sempat mengunggah munculnya guguran awan panas Gunung Semeru ini terjadi pada pukul 17.42 WIB melalui akun Twitter pribadinya.

Menindaklanjuti erupsi itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati bersama Kepala Kepolisian Resor Lumajang AKBP Yekti Hananto Seno dan Komandan Distrik Militer 0821 Letkol Inf Andi Andriyanto Wibowo memantau aktivitas Gunung Semeru dari Pos Pantau Gunung Sawur pada Sabtu (16/1) malam.

"Hingga Minggu pagi, lava panas masih terlihat di Curah Kobokan, namun sudah berkurang. Lokasinya masih sekitar dua kilometer dari puncak Gunung Semeru, sehingga jauh dari permukiman warga," kata Indah pada Minggu melalui aplikasi layanan pengiriman pesan.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 4,5 Km

"Kami imbau masyarakat tidak panik, namun tetap waspada," katanya dilansir dari Antara.

Warga yang tinggal di lereng Gunung Semeru, menurut dia, ada yang tetap tinggal di rumah mereka dan ada yang mengungsi ke rumah kerabat.

"Kami imbau masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan dan mematuhi segala imbauan petugas yang berada di lapangan, yakni dilarang beraktivitas dalam radius empat kilometer dari arah bukaan Kawah Jonggring Seloko," katanya.

Ia menjelaskan bahwa hujan abu vulkanik dari Semeru dilaporkan meliputi wilayah Kecamatan Pasrujambe pada Sabtu (16/1/2021) sore dan mulai berkurang pada malam harinya.

"BPBD dan relawan bencana tetap siaga di lokasi sampai beberapa hari ke depan, namun belum perlu dibuka posko karena masih aman. Semua peralatan, sarana prasarana dan SDM dari Pemkab,TNI dan Polri, siap setiap waktu," ujarnya.

Baca Juga: Awan Panas Gunung Semeru Telah Berhenti, BPBD Masih Siaga

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali mengalami erupsi, meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur empat kilometer ke arah Besuk Kobokan pada Sabtu (16/1) pukul 17.24 WIB.

Selain itu juga terpantau guguran lava dari Kawah Jonggring Seloko dengan jarak luncur 500 meter sampai satu kilometer ke arah Besuk Kobokan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait