alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Taman Nasional Alas Purwo Dibuka Kembali untuk Wisatawan

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Senin, 04 Januari 2021 | 17:12 WIB

Taman Nasional Alas Purwo Dibuka Kembali untuk Wisatawan
Teduhnya Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi. (Instagram/@tiur_stak)

Penutupan sebelumnya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

SuaraMalang.id - Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi kembali buka. Sebelumnya, wana wisata berlokasi paling ujung Timur Pulau Jawa itu sempat tutup selama liburan tahun baru.

Koordinator Perlindungan dan Pemantapan Wilayah Balai Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi Sucipto mengatakan, bahwa taman nasional telah membuka kembali akses bagi wisatawan.

"Hari ini mulai dibuka, sebelumnya sempat ditutup sejak tanggal 30 Desember 2020 hingga 3 Januari 2020," katanya, seperti dikutip dari suarajatimpost.com --media jejaring suara.com, Senin (4/01/2021).

Ia mengatakan bahwa penutupan yang sebelumnya dilakukan guna mengantisipasi klaster baru penularan Covid-19 di sektor pariwisata, khususnya di Taman Nasional Alas Purwo.

Baca Juga: Misteri Hilangnya Wisatawan Asal Sidoarjo di Pulau Tabuhan Banyuwangi

"Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya klaster baru Covid-19 di Alas Purwo," terangnya.

Cipto menjelaskan sebelumnya di Taman Nasional Alas Purwo sempat ada yang terkonfirmasi positif terpapar virus.

"Karena kemarin sempat teman-teman itu terkonfirmasi positif Covid-19. Ada empat orang, meskipun kejadiannya tidak bebarengan," jelasnya.

Kekinian, lanjut dia, protokol kesehatan di Taman Nasionak Alas Purwo terus diberlakukan secara ketat. Termasuk pengaturan kuota pengunjung (wisatawan) juga turut dibatasi.

"Jumlah pengunjung kita atur 400 hingga 500 orang setiap harinya. Tapi memang tidak ada batasan mutlak, karena pengunjung ada yang datang ada yang keluar dari tempat wisata, tetapi yang ada didalam kita selalu pastikan berjumlah 500 orang," tandasnya.

Baca Juga: 10 Hotel di Banyuwangi dari Alamat hingga Tarifnya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait